STUDI LITERATUR: KESULITAN BELAJAR MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI HIMPUNAN
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4618Kata Kunci:
Kesulitan Belajar Matematis, Materi Himpunan, Pemahaman Siswa.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan kesulitan belajar matematis siswa SMP pada materi himpunan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah studi literatur. Sampel terdiri dari beberapa artikel yang terdapat pada jurnal. Pengumpulan data dilakukan dengan proses pencarian, pembelajaran, dan analisis referensi dari hasil yang relevan terkait pemahaman konsep matematis siswa, ditinjau dari tahun penelitian, jenjang pendidikan, hasil penelitian dan jenis penelitian. Berdasarkan hasil studi literatur ini menunjukkan bahwa pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan masih rentan terhadap kesalahan dan kesalahpahaman. Beberapa kendala yang sering muncul antara lain pemahaman yang dangkal terkait definisi dan dasar himpunan, kesulitan dalam menerapkan operasi himpunan, dan kesulitan dalam memahami konsep relasi antar himpunan pada semua jenjang. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami secara mendalam mengenai kondisi yang mempengaruhi pemahaman matematis siswa dalam materi himpunan. Selain itu, pengembangan strategi pembelajaran yang efektif juga perlu dilakukan untuk membantu siswa memperoleh pemahaman matematis yang lebih baik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi himpunan. Penelitian ini mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar matematis siswa SMP pada materi himpunan, seperti kurangnya pemahaman konsep dasar, kurangnya latihan dan pengalaman dalam mengaplikasikan materi. Hasil studi literatur ini dapat memberikan informasi dan panduan bagi guru matematika untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa SMP pada materi himpunan.
Referensi
Ratnasari, S., Setiawan, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Wood, M. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Himpunan. Retrieved from https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=910077&val=13787&title=ANALISIS%20KESULITAN%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATERI%20HIMPUNAN
Ilyas, A., Folastri, S., & Solihatun. (2017). Diagnosis Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remedial. In : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Lestari, I., & dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5(6), 1841–1848
Maryani, I., & dkk. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media.
Karim, A. W., Majid., Bito, N. (2023). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan. Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 2, pp 7066–7078, 2023.
S. R. Rahmayani and K. N. S. Effendi, “Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan,” Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), vol. 7, no. 1, pp. 10–18, 2019.
Falah, H., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR
MATEMATIKA SISWA SMP BERDASARKAN MOTIVASI PADA
PEMBELAJARAN DARING. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5(1), 8–17.
https://doi.org/10.37150/jp.v5i1.1253
S. Rismen, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa,” Jurnal Lemma, vol. 7, no. 2, pp. 24–32, 2021, https://doi.org/10.22202/jl.2021.v7i2.4911
Melfianora, M. S. I. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Retrieved from https://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html
Buyung. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Himpunan. Journal Of Educational Review And Research, 4(2), 135–140.
A. Khairunnisa, S. M. Gozali, and D. Juandi, “Systematic Literature Review?: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” vol. 06, no. 02, pp. 1846–1856, 2022.
N. Aminah, I. Liliana, K. Dewi, and K. P. Matematis, “Analisis Hambatan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa” vol. 10, no. 2, pp. 209–219, 2019.
Nufus, H., & Prayitno, S. (2022). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi perbandingan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Maluk Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 246–259. Retrieved from https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
W. Anglia and B. Sutomo, “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO ( Structure of Observed Learning Outcomes ) Pada Soal Materi Himpunan di SMP Negeri 2 Karawang Barat,” pp. 1203–1208, 2019.
Amelia, R., & Ghiyats Ristiana, M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Materi Himpunan Melalui Pembelajaran Daring Pembelajaran Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1635–1644. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1635-1644
Nurhayati, A. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. In Junrnal Pendidikan Matematika APOTEMA (Vol. 6).
AG, B., Waliana, & Angelia Permana, F. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Himpunan Di SMP. Serambi Konstruktivis, 5(4), 39–47.
N. W. Lesmana, K. Nia, and S. Effendi, “Jurnal Didactical Mathematics Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan,” vol. 4, no. April, 2022.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534–540.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bahasa Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.