PENGARUH PENGGUNAAN PADLET TERHADAP PEMAHAMAN MATERI MATEMATIKA DI SMA SHALAHUDDIN KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4708Kata Kunci:
Padlet, Pemahaman Matematika, Interaktif, Keaktifan Siswa, Pembelajaran KolaboratifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan platform digital Padlet terhadap pemahaman materi matematika pada siswa kelas X di SMA Shalahuddin. Dalam pembelajaran matematika yang umumnya dianggap abstrak, Padlet diharapkan mampu meningkatkan pemahaman dan keaktifan siswa melalui media yang lebih interaktif dan visual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan campuran dengan teknik pengumpulan data berupa tes pretest dan posttest, angket persepsi, observasi, dan wawancara yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan padlet ini kurang efektif dalam meningkatkan pemahaman materi matematika secara langsung dan terstruktur. Namun, siswa menunjukkan preferensi terhadap penggunaan Padlet, yang dianggap lebih menarik karena menyediakan fitur-fitur interaktif seperti kolaborasi, berbagi catatan, serta visualisasi materi yang memotivasi mereka untuk berpartisipasi aktif. Secara keseluruhan, Padlet meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dan mendorong interaksi kolaboratif. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar menggabungkan metode pemebelajaran lainnya dengan penggunaan Padlet untuk memaksimalkan pemahaman dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika.
Referensi
Aristianti, S. D., Ramadani, N., Inayati, C. M., & Amaliyah, F. (2024). Pengaruh Pembelajaran dalam Kooperatif Learning Berbantu Media Padlet Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 1 Paren. MathVision: Jurnal Matematika, 6(2), 88-95.
Azzahra, S. F., Dewi, C., & Lestari, S. (2022). Pengaruh Aplikasi Padlet untuk Keterampilan Menulis terhadap Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 59-67.
Desi, Y. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Aplikasi Padlet Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas 10 SMA (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Dutayana, M. K., Mubarok, A., Zuhdi, K. N., Avianto, D., & Apriyadi, D. W. (2022). Penguatan lesson learning melalui padlet pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 8 Malang. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(8), 792–807. https://doi.org/10.17977/um063v2i8p792-807
Hastuti, S., Pramadi, R. A., & Solikha, M. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Example Non-Example Berbantu Padlet Pada Materi Ekosistem. Jurnal Edukasi, 1(1), 119–127. https://doi.org/10.60132/edu.v1i1.91
Mabnunah, M., Nafilah, A. K., & Zainab, N. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fikih Berbasis Padlet dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Al-Azhar Pamekasan. Islamika, 6(1), 35–54. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i1.4064
Nurjanah, S. (2020). komunikasi interpersonal antara guru dan siswa tunarungu dalam mengembangkan keterampilan sosial (studi kasus di sekolah luar biasa tunarungu pertiwi bangunsari ponorogo) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Nurlang, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Padlet pada Materi Relasi dan Fungsi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 5 Palopo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo).
Qolbiyyah, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE) Berbantuan Padlet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gerak Lurus (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Satyani, A. A., & Mindyarto, B. N. (2024). Analisis Penggunaan Padlet sebagai Media Diskusi Daring Konsep Kelistrikan dan Kemagnetan. Unnes Physics Education Journal, 13(1), 53–58. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bahasa Indonesia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.