The Role of Parents in Supporting Digital Literacy in Early Childhood

Authors

  • Putri Sabrina Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia
  • Suryadi Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia
  • Alimudin Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia
  • Aneka Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia
  • Eka Mei Ratnasari Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24260/albanna.v5i2.4634

Keywords:

Digital Literacy, Early Childhood, Parents.

Abstract

Kemajuan teknologi digital yang pesat berdampak besar pada kehidupan anak-anak, termasuk dalam hal cara mereka belajar dan bermain. Karena anak usia dini sudah terpapar perangkat digital sejak kecil, penting bagi mereka untuk mendapatkan bimbingan agar dapat memahami dan menggunakan teknologi dengan tepat. Dalam konteks ini, orang tua memiliki tanggung jawab besar untuk menemani anak-anak mereka dan membentuk kebiasaan digital yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur dengan meneliti berbagai literatur ilmiah untuk memahami peran orang tua dalam mendukung literasi digital pada anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa keaktifan orang tua dalam mendampingi anak saat menggunakan teknologi, memilih konten yang sesuai usia, dan memberikan batasan positif serta contoh penggunaan gadget, dapat membantu anak mengembangkan literasi digital secara bertahap dan bertanggung jawab. Akan tetapi, penelitian ini memiliki keterbatasan karena belum menganalisis dinamika empiris yang terjadi pada keluarga di berbagai konteks sosial dan budaya. Penelitian ini juga belum membahas secara mendalam perbedaan peran orang tua berdasarkan latar belakang ekonomi, tingkat pendidikan, sosial, dan budaya. Oleh karena itu, penelitian lanjutan disarankan untuk menggunakan penelitian lapangan seperti studi kasus, survei, atau wawancara mendalam agar dapat menggali pengalaman  orang tua dalam mendampingi literasi digital anak usia dini.

The rapid advancement of digital technology has a major impact on children’s lives, including in terms of how they learn and play. Because early childhood has been exposed to digital devices since childhood, it is important for them to get guidance so that they can understand and use technology properly. In this context, parents have a great responsibility to accompany their children and form good digital habits. This study uses a literature study approach by examining various scientific literature to understand the role of parents in supporting digital literacy in early childhood. Based on the results of the study, it was found that parents’ activeness in accompanying children when using technology, choosing age-appropriate content, and providing positive boundaries and examples of gadget use can help children develop digital literacy gradually and responsibly. However, this study has limitations because it has not analyzed the empirical dynamics that occur in families in various social and cultural contexts. This study also has not discussed in depth the differences in parental roles based on economic background, education level, social, and culture. Therefore, further research is recommended to use field research such as case studies, surveys, or in-depth interviews in order to explore parents’ experiences in assisting early childhood digital literacy.

References

Astuti, R., Erni Munastiwi, & Muqowim. (2022). Digital Parenting: Utilizing Technology to Instill Islamic Education Values in Young Children. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 365–379. https://doi.org/10.19105/tjpi.v17i2.7468

Astuti, R., Hijriyani, Y. S., Aziz, T., & Bariyyah, K. (2022). Digital Parenting: The Use of Gadgets in Instilling Socio-Cultural Values in Children: International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), Surabaya, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.025

Astuti, R., Khoirul Bariyyah, Yuli Salis Hijriyani, Thorik Aziz, Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, Nurul Ismaiyah, & Yuniatari. (2023). Moral Development of Early Childhood Through Living Values Education. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i1.8166

Baitur Rohmah & Thorik Aziz. (2024). Perkembangan bahasa anak usia dini di era digital: Dampak media youtube, peran pengasuhan, dan perubahan sosial. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 213–229. https://doi.org/10.24903/jw.v9i2.1796

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Dalimunthe, I. S., Arfandi, M., & Hamidah, H. (2025). Strategi Pemerintahan Desa dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget Melalui Program Ramah Anak. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 215–230. https://doi.org/10.25299/ajaip.2025.vol22(1).21791

Deden, H. (2020). FIS (Fun-Innovative-Spritual): Manajemen Pemasaran di KB. Fun Islamic School Purworejo. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 1–10.

Eti Nurhayati & Maulidya Ulfah. (2017). Menciptakan Home Literacy bagi Anak Usia Dini di Era Digital. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (IJIECE), 2(2). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.51529/ijiece.v2i2.70

Hamzah, N. (2015). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Press.

Hasanah, F. F. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Literasi Digital untuk Anak Usia Dini. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.1984

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159

HMS, D., & Rizqina, A. L. (2025). The Ice Breaking Model in Early Childhood Education: Training Kindergarten Teachers in Indonesia. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1).

Hutamy, E. T., Alwi, A., & Najamuddin, N. (2025). Peran Literasi Digital Keluarga Dalam Membentuk Moralitas Generasi Alpha di Media Sosial. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i2.3611

K, K., & Fatmawati, N. (2023). Difusi Inovasi Aplikasi Quiver 3-D Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 29–48. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9929

Kurniawan, S., Herlambang, S., Sari, N., Fadian, F., Suratman, B., Nurhidayah, V. A., Naffati, A. K., & Torikoh. (2024). Making Peace with Change: The Effect of GPT Chat Utilization on the Performance of Islamic Religion Teachers in Creating Teaching Modules. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(2), 492–509. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i2.9767

Lukmanulhakim, Linarsih, A., & Setiawan, A. (2023). Digital Literature Understanding of Early Childhood Education Teachers in Pontianak, West Kalimantan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i1.8235

Manik, N. D. Y., & Tanasyah, Y. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Perkembangan Moral Peserta Didik. Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 50–62. https://doi.org/10.55076/didache.v2i1.41

Maulana Ahmad, S., Sri Nurhayati, & Prita Kartika. (2024). Literasi Digital Pada Anak Usia Dini: Urgensi Peran Orang Tua dalam Menyikapi Interaksi Anak dengan Teknologi Digital. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 47–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11611

Munawar, M., Fakhruddin, F., Rifai, A., & Prihatin, T. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. 2(1), 193–197.

Mutiarasari, A., Listiana, A., & Rachmawati, Y. (2024). Strategi dan Tantangan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1875–1886.

Ningrum, F. A., Lubis, Z., Hijriani, A., & Aprillia, N. D. (2024). Pengenalan Keterampilan Dan Kompetensi Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 4(2), 313–321.

Nur Miyazaki, A. F., Buabara, H., Rahmi, A. N., Rusmayadi, R., & Herman, H. (2024). Tantangan dan Solusi Dalam Menghadapi Era Digital: Pendidikan Anak di Zaman Teknologi. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 127–135. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol3.Iss3.1149

Nurhafizah, S., Muthmainnah, M., & Rahmi, P. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Azkia Aceh Besar. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 101–114. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.2124

Purnama, S., Ulfah, M., Machali, I., Wibowo, A., & Narmaditya, B. S. (2021). Does digital literacy influence students’ online risk? Evidence from Covid-19. Heliyon, 7(6), e07406. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07406

Purnama, S., Ulfah, M., Ramadani, L., Rahmatullah, B., & Ahmad, I. F. (2022). Digital Storytelling Trends in Early Childhood Education in Indonesia: A Systematic Literature Review. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 16(1), 17–31. https://doi.org/10.21009/JPUD.161.02

Putri, M. S. & Chairiyah. (2021). Transformasi Lingkungan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38491

Rahmawati, I. W. & Suryadi. (2025). Teachers’ Understanding of Gross Motor Skills in Early Childhood: A Theoretical Review. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–9.

Ramadani, L., Kardi, J., Khairani Ismail, N., Salina Samaun, S., & Hamzah, N. (2025). Exploring the Integration of Digital Media in Islamic Early Childhood Education: Evidence from Kindergartens in Pontianak City. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 35–47. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2025.111-03

Rawanita, M., & Mardhiah, A. (2024). Strategi Orang Tua dalam Mengelola Penggunaan Gadget Anak Usia Dini di Gampong Tanjung Deah Darussalam. Wathan: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(3), 274–294. https://doi.org/10.71153/wathan.v1i3.152

Rizqina, A. L., Hafizi, D., & Hasanah, M. (2024). The Phenomenon of Online Games among Rural Early Childhood in West Kalimantan. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i1.2576

Sari, P. I., Rahmawati, I., Mariyana, R., & Charmeida, N. (2024). The Correlation Between Parental Awareness and Concern to The Early Childhoods’ Digital Safety. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 310–326. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i2.13382

Suri, M. M., Pakael, R. L., Keluanan, R. A., Im, M. E., Klau, M., & Liam, Y. P. (2024). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Multidisipliner, 8(6).

Suryani, Y., Solihutaufa, E., Gundara, A., & Widianingsih, N. (2025). Analisis Aspek Perkembangan Anak Usia Dini dalam Perspektif Agama Islam. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.19105/kiddo.v6i1.16410

Tatminingsih, S. (2022). Implementation of Digital Literacy in Indonesia Early Childhood Education. International Journal of Emerging Issues in Early Childhood Education, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.31098/ijeiece.v4i1.894

Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.

Ulfah, M., Maemonah, M., Purnama, S., Hamzah, N., & Fatwa Khomaeny, E. F. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1416–1428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1773

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi Pendekatan Metode Montessori Dalam Membentuk Karakter Mandiri Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216

Published

2025-07-07

How to Cite

Sabrina, P., Suryadi, Alimudin, Aneka, & Ratnasari, E. M. (2025). The Role of Parents in Supporting Digital Literacy in Early Childhood. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(2), 51–59. https://doi.org/10.24260/albanna.v5i2.4634