Assessment in Early Childhood Education: A Literature Review

Authors

  • Darul Hafizi Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Indonesia
  • Ubabuddin Universitas Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas, Indonesia
  • Ahmad Fadhail Ramadhan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
  • Muhammad Amin Khalil Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia
  • Farninda Aditya University of Malaysia Sarawak, Malaysia

DOI:

https://doi.org/10.24260/albanna.v5i1.4669

Keywords:

Assessment, Education, Early Childhood, Literature Review

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya asesmen dalam pendidikan anak usia dini serta ragam bentuk asesmen yang relevan digunakan dalam mendukung perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan library research dalam menganalisis data baik dari jurnal dan buku yang membahas asesmen anak usia dini. Hasil studi ini menunjukkan bahwa asesmen memiliki peran penting dalam mengukur sejauhmana perkembangan anak usia dini dan menjadi dasar dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan serta tahapan perkembangan anak usia dini. Asesmen juga berfungsi sebagai media kolaborasi antara guru dengan orang tua untuk menstimulus aspek perkembangan anak usia dini serta mendukung program pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini dengan praktik parenting yang dilakukan orang tua di rumah. Artikel ini membahas dua bentuk asesmen utama, yaitu asesmen formatif yang digunakan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran secara berkelanjutan, dan asesmen sumatif yang digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dalam periode tertentu. Akan tetapi, penelitian ini memiliki keterbatasan karena bersifat konseptual dan belum dilengkapi data empiris lapangan, sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan studi lapangan untuk memperkuat hasil temuan berkaitan dengan asesmen pada anak usia dini.

This article aims to examine the importance of assessment in early childhood education and the various forms of relevant assessment used to support child development. This study uses a descriptive qualitative method with a library research approach in analyzing data from both journals and books that discuss early childhood assessment. The results of this study indicate that assessment has an important role in measuring the extent of early childhood development and is the basis for designing learning that is in accordance with the needs and stages of early childhood development. Assessment also functions as a medium for collaboration between teachers and parents to stimulate aspects of early childhood development and support learning programs in early childhood education institutions with parenting practices carried out by parents at home. This article discusses two main forms of assessment, namely formative assessment which is used to monitor and improve the learning process continuously, and summative assessment which is used to determine the achievement of learning objectives in a certain period. However, this study has limitations because it is conceptual and has not been equipped with empirical field data, so further research is needed with field studies to strengthen the findings related to assessment in early childhood.

References

Affandi, M. I. (2023). Asesmen Dan Evaluasi Pada Pembelajaran Anak Usia Dini. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 1(1), 156–164.

Akbar, R. F., Ulumiyah, M., Wirdah, C., & Sulistiyaningrom, R. (2024). Implementasi Instrumen Penilaian Pembelajaran pada Anak Usia Dini di RA Sholahiyah Bae Kudus. Jurnal Raudhah, 12(1), 67. https://doi.org/10.30829/raudhah.v12i1.3260

Andana, S., & Yusdiana, Y. (2024). Ethno Parenting Suku Jawa: Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Sepasaran, Selapanan Dan Piton-Piton di Suku Jawa Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap Kubu Raya. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i1.2657

Asri, Y. N., & Meliana, I. (2022). Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Tohar Media.

Astuti, R., Erni Munastiwi, & Muqowim. (2022). Digital Parenting: Utilizing Technology to Instill Islamic Education Values in Young Children. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 365–379. https://doi.org/10.19105/tjpi.v17i2.7468

Bariyyah, K. (2016). Assessmen Perkembangan Moral Agama pada AUD: Studi di TK ABA Pajangan Berbah Sleman. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 29–42.

Deluma, R. Y., Hermanto, & Setiawan, B. (2023). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Dewa Publishing.

Fadlilah, A. N. (2021). Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam Pembelajaran PAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 62–72. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.28675

Hamzah, N. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini di Awal Sekolah Dasar Melalui Joyfull Learning: Catatan Kritis Terhadap Pembelajaran Menggambar Anak. Raheema, 1(1). https://doi.org/10.24260/raheema.v1i1.150

Hasanah, F. F. (2023). Integrasi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Literasi Digital untuk Anak Usia Dini. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 83–100. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i2.1984

Hidayat, W., & Andriani, A. (2020). Pelaksanaan Penilaian Autentik Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 88–95. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24922

Khaerani, H., Putri, D., Puspita, I., Winarti, D., Sulastri, F., & Wulansuci, G. (2024). Pandangan Guru Terhadap Pentingnya Penilaian Hasil Karya Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/dz.v2i2.283

Kurniawan, S., Herlambang, S., Sari, N., Fadian, F., Suratman, B., Nurhidayah, V. A., Naffati, A. K., & Torikoh. (2024). Making Peace with Change: The Effect of GPT Chat Utilization on the Performance of Islamic Religion Teachers in Creating Teaching Modules. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 21(2), 492–509. https://doi.org/10.14421/jpai.v21i2.9767

Ma’rifati, Rr. K. D. N., Amin, F., & Rifa’i, A. A. (2024). Profesionalisme Guru Dalam Asesmen Formatif dan Sumatif Pada Penerapan Kurikulum Merdeka. Tadris: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 18(1), 99–107.

Masyitah, M., Baiti, N., Nisa, U., & Masuwd, M. A. (2024). Parental Secure Attachment and Child Gender on Early Childhood Social-Emotional Development: A Quantitative Study. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 88–100. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i2.3469

Maula, F. M., & Khasanah, P. F. (2024). Transcending Boundaries: Effective and Enjoyable Early Childhood Teaching and Learning. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 61–76. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i2.1955

Pangestu, A. M. D. (2024). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini (Studi Kasus Asesmen Perkembangan Anak Usia 3 Tahun). Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 230–242.

Purnama, S. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Remaja Rosdakarya.

Purnama, S., Ulfah, M., Susilo, E., Mutmainnah, & Amalia, R. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. CV. Multiartha Jatmika Yogyakarta.

Rahma, Z., & Fatonah, S. (2021). Penilaian dan Perkembangan Anak Usia Dini di Era Covid 19. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.24853/yby.5.1.34-43

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. Universitas Islam Jakarta.

Ramadani, L., Kardi, J., Khairani Ismail, N., Salina Samaun, S., & Hamzah, N. (2025). Exploring the Integration of Digital Media in Islamic Early Childhood Education: Evidence from Kindergartens in Pontianak City. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 35–47. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2025.111-03

Rizqina, A. L., Hafizi, D., & Hasanah, M. (2024). The Phenomenon of Online Games among Rural Early Childhood in West Kalimantan. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 31–39. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i1.2576

Rohmah, N., Fadjryana Fitroh, S., Oktavianingsih, E., & Rizki Tiara, D. (2022). Teachers’ Perceptions of The Importance of Parenting Programs in Schools. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 73–84. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2022.81-07

Rohmiati, Deluma, R. Y., Salma, S., & Nurlina. (2023). Perencanaan Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Pena Persada Kerta Utama.

Sapendi, S., & Suratman, B. (2024). This is How We are at Home: Typology and Shifting Parenting Authority in Early Childhood. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 135–149. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2024.102-04

Sari, D. Y., Nakita, I. T., & Rahma, F. (2022). Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 25–37. https://doi.org/10.31851/pernik.v5i2.7910

Suratman, B. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat dan Bermain Singincaâ€TM an pada Suku Melayu Sambas Desa Sepadu. Proceedings Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, Yogyakarta.

Suyadi, S. (2016). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Pada Anak Usia Dini: Studi kasus pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK/RA) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(1), 65–74.

Ulfah, M., Maemonah, M., Purnama, S., Hamzah, N., & Fatwa Khomaeny, E. F. (2021). Pengembangan Buku Ajar Digital Parenting: Strategi Perlindungan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1416–1428. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1773

Wildan, W. (2017). Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan di Sekolah atau Madrasah. Jurnal Tatsqif, 15(2), 131–153.

Yuni, S., Kurniawan, S., & Widiatmaka, P. (2024). Etnoparenting: Early Childhood Parenting in the Muslim-Malay Community in Kapuas Hulu. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 49–60. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i1.2053

Zain, A., Jubaidah, S., & Hayati, F. (2024). Teaching Colors through Play and Singing Methods for Early Childhood: An Classroom Action Research Project in Kindergarten. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.24260/albanna.v4i2.3492

Published

2025-06-30

How to Cite

Hafizi, D., Ubabuddin, Ramadhan, A. F. ., Khalil, M. A. ., & Aditya, F. (2025). Assessment in Early Childhood Education: A Literature Review. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 42–50. https://doi.org/10.24260/albanna.v5i1.4669