Implementation Of Historical Approach And Philosophical Approach In Learning Al-Qur'an Hadith At MAS Al-Khairiyah

  • Bahyati Bahyati UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Utang Ranuwijaya UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang
  • Muhajir Muhajir UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang
  • Bidayatul Inayah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang
Keywords: Implementation, Historical Approach, Philosophical Approach, Al-Qur'an Hadith

Abstract

This research aims to find out the historical and philosophical perspectives in learning Al-Qur'an Hadith. Learning the Qur'an and Hadith is a type of educational endeavor that includes studying the texts, as well as their philosophical and historical context. In everyday life, there are still many Muslims and Muslim women who do not know what is involved in the historical and philosophical approach to studying Al-Qur'an Hadith. This research method is qualitative research which includes field research, using descriptive information in the form of written or spoken words from people and attitudes that can be observed. This research was carried out at MAS Al-Khairiyah Citangkil. The results of this research can be concluded that the historical approach in studying the Al-Qur'an and other historical sources is a systematic study that collects knowledge about the past.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran

Berbagai Pendekatan dalam Studi Islam2017BantulIdea Press Yogyakarta

Efektivitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini2020Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini229

FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM2020MalangCV. Pustaka Learning Center

KARAKTERISTIK KOMUNIKATOR YANG EFEKTIF DALAM KOMUNIKASI ANTAR

PRIBADi2020Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI)

Kartini2023PENDEKATAN HISTORIS DAN PENDEKATAN FILOSOFIS DALAM STUDI ISLAM Jurnal

Ilmiah Multidisiplin

Komunikasi Efektif Pada ‘Anak Usia Dini Dalam Keluarga Menurut Al-Qur’An2022Jurnal Obsesi :

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

LARANGAN SHOLAT BAGI ORANG MABUK : STUDI PENAFSIRAN AHKAM PADA Q.S AN-NISA (4): 432022A N W A R U L Jurnal Pendidikan dan Dakwah Metodologi Studi Islam 2023JakartaRAJAGRAFINDO PERSADA Metodologi Studi Islam1998JakartaPT. Raja Grafindo Persada, Organizational Behavior2010

PENDEKATAN FILSAFAT DALAM ISLAM: TEORI DAN PRAKTIK2022 Jurnal Kajian Islam Interdisipliner PENDEKATAN FILSAFAT DALAM STUDI ISLAM2022 Change Think Journal

Pendekatan Historis Dalam Studi Islam2014JUSMA: Jurnal Studi Islam dan Masyarakat PENDEKATAN HISTORIS DALAM STUDI ISLAM2017Jurnal Ilmiah Studi Islam Pendidikan Literasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui2022Jurnal Edumaspul

PENGARUH KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA2017

Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengertian Komunikasi Menurut para Ahli2014

PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM SAMARINDA2015

Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis2023 Al- Wasathiyah: Journal of Islamic Studies

Prilaku Organisasi Terjemahan Oleh Vivin Andhika2006Yogyakarta

STRATEGI MEMBANGUN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF2021PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN

STUDI ISLAM DENGAN PENDEKATAN FILOSOFIS2015JURNAL SAINTIFIKA ISLAMIC Syarifuddin2015PENDEKATAN HISTORIS DALAM PENGKAJIAN PENDIDIKAN ISLAMJurnal Ilmiah "Kreatif"

Zuwirna2016KOMUNIKASI YANG EFEKTIFJurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan

Hasani. (2012). Filsafat Ilmu dalam Pendekatan Studi Agama: Kajian Konsep dan Aplikasi Ilmu Tafsir dan Syariah. Al-’adalah, 10(3), 353–372.

Pransiska, T. (2017). Meneropong Wajah Studi Islam dalam Kacamata Filsafat : Sebuah Pendekatan Alternatif. Intizar, 23(1), 165–182.

Sulaiman, A. (2016). Mengenal Filsafat Islam (I. F. Sulaiman (ed.); 1st ed.). Fadillah Press.

Published
2024-12-18
How to Cite
Bahyati, B., Ranuwijaya, U., Muhajir, M., & Inayah, B. (2024). Implementation Of Historical Approach And Philosophical Approach In Learning Al-Qur’an Hadith At MAS Al-Khairiyah. Arfannur, 5(3), 153 - 161. https://doi.org/10.24260/arfannur.v5i3.2958
Section
Articles