ETIKA BISNIS ISLAM DAN PENERAPAN DALAM USAHA STUDI KASUS PADA TOKO ROTI GEMBUL DI KOTA PONTIANAK

Indonesia

  • Permadi Permadi IAIN Pontianak
  • Raziki Waldan IAIN Pontianak
Keywords: Etika Bisnis Islam, Roti Gembul, Penerapan Etika Bisnis Islam

Abstract

Dunia perbakeryan di Kota Pontianak sudah mulai berkembang. Diantaranya ada Kota Raja, D’Bread Recipe, Rajawali Bakery, Roti Gemes dan masih banyak lagi. Namun fokus penelitian ini mengacu kepada Roti Gembul. Roti Gembul adalah bagian unit bisnis dari Pondok Modern Munzalan Ashabul Yamin. Roti Gembul punya rutinitas yang berbeda dari usaha produk roti lain yaitu menutup outlet-outlet ketika menjelang waktu shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan penerapan etika bisnis Islam yang ada pada toko Roti Gembul di Kota Pontianak. Penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber penelitian adalah toko Roti Gembul yang ada di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi dan member check. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) konsep etika bisnis Islam yang diterapkan pada Roti Gembul adalah konsep tauhid, konsep akhlak, konsep kejujuran, konsep adil serta konsep halal dan haram, dan (2) penerapan etika bisnis Islam pada Roti Gembul adalah memberikan standar wajib kepada anggota untuk melaksanakan shalat tepat waktu dan membaca Al-Quran setiap hari minimal satu halaman dan standar pelayanan dengan salam, senyum sapa,  menanyakan nama pembeli, kemudian mengucapkan salam sambil mendoakan pembeli.

References

Alma, B. (3003). Dasar-Dasar Etika Bisnis Islam. Bandung: CV Alfabeta

Badroen, F. (2007). DKK, Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Prenada Media Group.

Barus., E, Elida., Nuraini, (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam Studi Terhadap Rumah Makan Wong Solo Medan, JPED, 2(2), 125-146

Djakfar, M. (2018). Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis Dan Praktis. Malang: UIN Malang Press,

Harun. (2017). Fiqh Muamalah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Hidayat, D (2015). Mekanisme Pencapaian Maslahah Melalui Etika Bisnis Islam Studi Kasus Restoran Mie Akhirat, JESST, 2(11), 912-927.

Irawan, H (2017) “Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Sinjai”, (Published Master’s Thesis), UIN Alauddin Makasar, Makasar, Indonesia.

Subandi, B (2000) Bisnis Sebagai Strategi Islam. Surabaya: Paramedia.

Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.

Waldan, R (2019). Pengantar Manajemen. Pontianak: IAIN Press.

Waldan, R (2020) The effect of Achivement Motivation TraininG ON Improving Woman Enterpreneurs Motivation Sambas District. Jurnal Raheema,7 (1),18-29.

Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.

Waldan, R (2020). Total Quality Management dalam Perspektif Islam. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 1(1), 263-274.

Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.

Published
2020-12-11
How to Cite
Permadi, P., & Waldan, R. (2020). ETIKA BISNIS ISLAM DAN PENERAPAN DALAM USAHA STUDI KASUS PADA TOKO ROTI GEMBUL DI KOTA PONTIANAK. J-MD: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 67-76. https://doi.org/10.24260/j-md.v1i1.110
Section
Articles