ETIKA BISNIS ISLAM DAN PENERAPAN DALAM USAHA STUDI KASUS PADA TOKO ROTI GEMBUL DI KOTA PONTIANAK
Indonesia
Abstract
Dunia perbakeryan di Kota Pontianak sudah mulai berkembang. Diantaranya ada Kota Raja, D’Bread Recipe, Rajawali Bakery, Roti Gemes dan masih banyak lagi. Namun fokus penelitian ini mengacu kepada Roti Gembul. Roti Gembul adalah bagian unit bisnis dari Pondok Modern Munzalan Ashabul Yamin. Roti Gembul punya rutinitas yang berbeda dari usaha produk roti lain yaitu menutup outlet-outlet ketika menjelang waktu shalat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dan penerapan etika bisnis Islam yang ada pada toko Roti Gembul di Kota Pontianak. Penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber penelitian adalah toko Roti Gembul yang ada di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi dan member check. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) konsep etika bisnis Islam yang diterapkan pada Roti Gembul adalah konsep tauhid, konsep akhlak, konsep kejujuran, konsep adil serta konsep halal dan haram, dan (2) penerapan etika bisnis Islam pada Roti Gembul adalah memberikan standar wajib kepada anggota untuk melaksanakan shalat tepat waktu dan membaca Al-Quran setiap hari minimal satu halaman dan standar pelayanan dengan salam, senyum sapa, menanyakan nama pembeli, kemudian mengucapkan salam sambil mendoakan pembeli.
References
Alma, B. (3003). Dasar-Dasar Etika Bisnis Islam. Bandung: CV Alfabeta
Badroen, F. (2007). DKK, Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Barus., E, Elida., Nuraini, (2016). Implementasi Etika Bisnis Islam Studi Terhadap Rumah Makan Wong Solo Medan, JPED, 2(2), 125-146
Djakfar, M. (2018). Etika Bisnis Islam Tataran Teoritis Dan Praktis. Malang: UIN Malang Press,
Harun. (2017). Fiqh Muamalah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hidayat, D (2015). Mekanisme Pencapaian Maslahah Melalui Etika Bisnis Islam Studi Kasus Restoran Mie Akhirat, JESST, 2(11), 912-927.
Irawan, H (2017) “Penerapan Etika Bisnis Islam pada Pedagang Sembako di Pasar Sentral Sinjai”, (Published Master’s Thesis), UIN Alauddin Makasar, Makasar, Indonesia.
Subandi, B (2000) Bisnis Sebagai Strategi Islam. Surabaya: Paramedia.
Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.
Waldan, R (2019). Pengantar Manajemen. Pontianak: IAIN Press.
Waldan, R (2020) The effect of Achivement Motivation TraininG ON Improving Woman Enterpreneurs Motivation Sambas District. Jurnal Raheema,7 (1),18-29.
Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.
Waldan, R (2020). Total Quality Management dalam Perspektif Islam. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 1(1), 263-274.
Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.
Copyright (c) 2020 Permadi Permadi, Raziki Waldan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).