PENERAPAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK

Penulis

  • Nanda Erka Amalia MI Hidayatul Mustaqim Jongkong Kapuas Hulu
  • saumi setyaningrum IAIN Pontianak
  • Yusdiana Yusdiana IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v2i2.1872

Kata Kunci:

Metode Everyone Is A Teacher Here, Keaktifan Belajar

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya peserta didik bertanya dan menyimak ketika pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan penelitian ini ialah untuk: Mendeskripsikan bagaimana keaktifan belajar peserta didik, bagaimana sebelum dan sesudah penerapan metode everyone is a teacher here  dalam pembelajaran tematik tema 2 sebelum diterapkan metode everyone is a teacher here di kelas V SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan maka dapat disimpulkan: (1) Keaktifan belajar peserta didik sebelum diterapkan metode everyone is a teacher here  memperoleh persentase klasifikasi sebesar 19.35% yang mana termasuk ke dalam klasifikasi tidak aktif. (2) Penerapan metode everyone is a teacher here pada penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, dua siklus tersebut semua dilakukan oleh peneliti dengan hasil pelaksanaan penelitian sebesar 95,4% dari aspek yang diamati. (3) Keaktifan belajar peserta didik sesudah diterapkan metode everyone is a teacher here  memperoleh klasifikasi sebesar 87.09% yang termasuk ke dalam kategori klasifikasi sangat aktif. (4) Penerapan metode everyone is a teacher here  meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dari 19.35% menjadi 87.09%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-26

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama