MATEMATIKA DALAM AL-QUR’AN

  • Surianto Surianto
Keywords: matematika, al-Qur’an

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam yang di dalamnya tidak hanya memuat tentang amaliah keagamaan saja tapi juga memuat tentang  sains dan ilmu pengetahuan tak terkecuali ilmu matematika. Berbicara matematika di dalam al-Qur’an, maka cukup banyak surah-surah al-Qur’an yang penjelasannya berhubungan dengan matematika, diantaranya surah Al-Kahfi, surah Al-‘Ankabuut, surah al-Baqarah dan surah an-Nisaa’. Dari latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam surah-surah yang di salah satu ayatnya terdapat rumus dasar matematika. kemuddian akan dikaji dari segi urutan penurunannya  serta hubungan dengan hikmah diturunkannya al-Qur’an secara bertahap dengan kurikulum pendidikan yang diterapkan di lembaga pendidikan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dan bersifat studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan datanya dengan cara tela’ah dokumen dan Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini ialah 1). Surah-surah al-Qur’an yang di salah satu ayatnya terdapat pelajaran rumus dasar matematika berdasarkan urutan penurunannya ialah surah al-kahfi pada ayat ke 25 terdapat rumus penjumlahan, kemudian surah al-Ankabut pada ayat ke 14 terdapat rumus pengurangan, kemudian surah al-Baqarah pada ayat ke 261 terdapat rumus perkalian dan berikutnya surah an-Nisa’ pada ayat ke 12 terdapat rumus pembagian. 2). Tahapan mempelajari rumus dasar matematika yang ditawarkan oleh al-Qur’an yang diisyaratkan dalam tahapan penurunannya sama dengan kurikulum pendidikan yang terapkan di lembaga pendidikan formal khususnya di SD sederajat yaitu rumus dasar matematika yang pertama kali dipelajari di kelas satu SD sederajat ialah rumus penjumlahan dan rumus pengurangan, kemudian di kelas dua SD sederajat mempelajari rumus perkalian dan rumus pembagiat.

References

Sayid Qutub. (2011), Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Al Qur’an Dan Hadits, Jurnal Humaniora, Oktober 2011, Jurusan Marketing Communication, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, BINUS University 2(2). 1339-1350

Sri Aliyah. (2013). Ulul Albab Dalam Tafsir Fi Zhilali Al-Quran, JIA/TH. XIV/ Nomor. 1.

Buchori, Erna J,SPd., Amin Mustoha, Isti Hidayah. (2008). Buku Senang Matematika Untuk SD/MI Kelas 2 SD. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Hermawan Warsito. (1992). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Imam Suprayogo. (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Lusia Tri Astuti dan P. Sunardi, 2009, Matematika untuk sekolah dasar kelas 1, Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Manna khalil al-Qattan. (1996). Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an, terj. Mudzakir, Jakarta Litera Antar Nusa.
Mas Titing Sumarmi dan Siti Kamsiati. (2009). Asyiknya Belajar Matematika Untuk Kelas II SD/MI, Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Meztika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonsia.

Tatang M. Amirin. (1986). Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

http://www.missionislam.com/quran/revealationorder.htm. Diakses pada tanggal 11 Juni 2022.
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5809230/surat-yasin-ayat-40-ungkap-sebagian-rahasia-alam-semesta-ini. (di akses pada tanggal 11 Juni 2022).
Published
2022-06-28
Section
Articles