EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TABAK DITINJAU DARI MATERI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3055الكلمات المفتاحية:
etnomatematika، permainan tradisional، Tabakالملخص
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur-unsur matematika yang terdapat pada permainan tradisional Tabak di Kabupaten Kubu Raya ditinjau dari materi Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional Tabak memiliki unsur matematika yang relevan dengan materi matematika yang diajarkan di tingkat SD. Unsur-unsur matematika tersebut meliputi bangun datar dan sifat-sifatnya, bangun ruang balok, sudut, hubungan antar garis, membilang, dan pecahan.
المراجع
Mardiyati, I. (2017). Ragam Permainan Tradisional Kalimantan Barat Dalam Upaya Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Internasional Konsepsi dan Implementasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 110-119.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 20–38.
Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui permainan tradisional engklek. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 7(1), 35-44.
Muyassaroh, I., & Sunaryati, T. (2021). Etnomatematika: Strategi melahirkan generasi literat matematika melalui budaya lokal Yogyakarta. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(01), 1-12.
Richardo, R. (2020). Pembelajaran matematika melalui konteks Islam nusantara: Sebuah kajian etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 73-82.
Rudyanto, H. E., Kartika Sari HS, A., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika budaya Jawa: Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25-32.
Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring Sinergi, 1906–1912.
Subanji, S. (2024). Berpikir matematis dalam mengonstruksi konsep matematika: sebuah analisis secara teoritis dan praktis. Jurnal Kajian Pendidikan Indonesia (JKPI), 1(1), 9-16.