EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TABAK DITINJAU DARI MATERI SEKOLAH DASAR

المؤلفون

  • Dita Listari IAIN Pontianak
  • Lita Handayani IAIN Pontianak
  • Ressy Rustanuarsi IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3055

الكلمات المفتاحية:

etnomatematika، permainan tradisional، Tabak

الملخص

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur-unsur matematika yang terdapat pada permainan tradisional Tabak di Kabupaten Kubu Raya ditinjau dari materi Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional Tabak memiliki unsur matematika yang relevan dengan materi matematika yang diajarkan di tingkat SD. Unsur-unsur matematika tersebut meliputi bangun datar dan sifat-sifatnya, bangun ruang balok, sudut, hubungan antar garis, membilang, dan pecahan.

المراجع

Febriyanti, C., Prasetya, R., & Irawan, A. (2018). Etnomatematika pada permainan tradisional engklek dan gasing khas kebudayaan sunda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 12(1), 1-6.
Mardiyati, I. (2017). Ragam Permainan Tradisional Kalimantan Barat Dalam Upaya Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Internasional Konsepsi dan Implementasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 110-119.
Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2018). Pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 20–38.
Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui permainan tradisional engklek. LEMMA: Letters of Mathematics Education, 7(1), 35-44.
Muyassaroh, I., & Sunaryati, T. (2021). Etnomatematika: Strategi melahirkan generasi literat matematika melalui budaya lokal Yogyakarta. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(01), 1-12.
Richardo, R. (2020). Pembelajaran matematika melalui konteks Islam nusantara: Sebuah kajian etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 73-82.
Rudyanto, H. E., Kartika Sari HS, A., & Pratiwi, D. (2019). Etnomatematika budaya Jawa: Inovasi pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 25-32.
Sari, M., & Hasanudin, C. (2023). Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari. Prosiding Seminar Nasional Daring Sinergi, 1906–1912.
Subanji, S. (2024). Berpikir matematis dalam mengonstruksi konsep matematika: sebuah analisis secara teoritis dan praktis. Jurnal Kajian Pendidikan Indonesia (JKPI), 1(1), 9-16.

التنزيلات

منشور

2024-06-29

كيفية الاقتباس

Listari, D., Handayani, L., & Rustanuarsi, R. (2024). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA PERMAINAN TABAK DITINJAU DARI MATERI SEKOLAH DASAR. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 32–43. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3055

إصدار

القسم

Articles