ETNOMATEMATIKA: IDENTIFIKASI UNSUR GEOMETRI PADA PERISAI SUKU DAYAK DI KALIMANTAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v4i1.4526الكلمات المفتاحية:
Ethnomathematics، Geometry، Dayak Shield، West Kalimantanالملخص
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur-unsur matematika khususnya konsep geometri, yang terdapat pada perisai suku Dayak di Kalimantan Barat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri atas empat tahap yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perisai suku Dayak dari Kalimantan Barat mengandung berbagai unsur geometri antara lain persegi panjang, segitiga sama kaki, simetri lipat, lingkaran, transformasi refleksi, dan transformasi translasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa perisai suku Dayak dari Kalimantan Barat tidak hanya memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi, tetapi juga berpotensi diguanakan sebagai sumber belajar geometri.
المراجع
Aflah, H., & Andhany, E. (2022). Etnomatematika dalam budaya suku alas di kabupaten aceh tenggara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2376-2390.
Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Arisetyawan, A., Suryadi, D., Herman, T., Rahmat, C., & No, J. D. S. (2014). Study of Ethnomathematics: A lesson from the Baduy Culture. International Journal of Education and Research, 2(10), 681-688.
Faqih, A., Nurdiawan, O., & Setiawan, A. (2021). Pengembangan Media pembelajaran Multimedia Interaktif Alat Masak Tradisional Berbasis Etnomatematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 301-310.
Febriliani, Rimandha Tasya, Agnes Widyasmoro, & Gregorius Arya Dhipayana. (2021). Pergeseran Nilai Guna Perisai Suku Dayak Kalimantan Timur Dalam Penyutradaraan Film Dokumenter ‘Talawang’ Dengan Gaya Interaktif. Sense: Journal of Film and Television Studies 4(1). doi:10.24821/sense.v4i1.5849.
Gerdes, P. (1994). Reflections on Ethnomathematics. For the Learning of Mathematics, 14(2), 19–22. http://www.jstor.org/stable/40248110
Hariastuti, R. M., Budiarto, M. T., & Manuharawati, M. (2019). From culture to classroom: study ethnomathematics in house of using banyuwangi. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(2), 76-80.
Kiring, M. (2023). Simbol dalam suku dayak kayan kalimantan utara. Jurnal Adat dan Budaya Indonesia, 5(2), 70-80.
Kwirinus, D. (2024). Simbol Dalam Motif Ragam Hias Perisai Pada Suku Dayak Taman. Equilibrium: Jurnal Pendidikan 12(2):209–16. doi:10.26618/equilibrium.v12i2.14023.
Lisnani, Zulkardi, Putri, R. I. I., & Somakim. (2020). Etnomatematika: Pengenalan Bangun Datar Melalui Konteks Museum Negeri Sumatera Selatan Balaputera Dewa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 359–370. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.618
Mailili, W. H., Gustina, G., Nurmayanti, Y., & Irmawati, I. (2023). Ethnomathscience Identification of Traditional Weapons of Sigi Biromaru. 12 Waiheru, 9(2), 180-188.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3thed.). USA: Sage Publications.
Nilawati, N., Yanti, E., & Yanti, H. (2021). Eksplorasi Konsep Matematika pada Teknik Anyaman Tangkin Suku Dayak di Kalimantan Barat. Juwara: Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(2), 164–171. https://doi.org/10.58740/juwara.v1i2.20
Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Wardono, W. (2020). Contextual Learning with Ethnomathematics in Enhancing the Problem Solving Based on Thinking Levels. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 5(3), 331-344.
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 327-338.
Novalena, K., & Listiani, M. (2022). Kajian Etnomatematika pada Rumah Adat Betang Ensaid Panjang Kalimantan Barat. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 244-253).
Peterianus, S., & Mastiah, M. (2020). Eksistensi Suku Dayak Seberuang Menghadapi Tekanan Modernisasi Melalui Ritual Gawai Dayak. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(2), 36-43.
Prasetyo, F., & Juandi, D. (2023). Systematic Literature Review Identifikasi Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kecemasan Matematika Siswa. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 28-47.
Putra, A. P., & Prasetyo, Dias. (2022). Peran Etnomatematika Dalam Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 49–58. https://doi.org/10.47200/intersections.v7i2.1312
Rengat, I. S., Ronaldo, P., & Hexano, S. A. D. (2022). Upacara Adat Gawai Suku Dayak Kalbar sebagai Kearifan Lokal dan Pembentuk Nilai Solidaritas. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 182-193.
Richardo, R. (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 118-125. : http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125
Rosa, M., & Orey, D.C. (2016). State of the Art in Ethnomathematics. In: Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program. ICME-13 Topical Surveys. Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-30120-4_3
Salsabila, L. (2022). Makna Warna Pada Perlombaan Melukis Perisai Dalam Pekan Gawai Dayak Kalbar. Diakses pada 22 Mei 2025, dari https://kumparan.com/hipontianak/makna-warna-pada-perlombaan-melukis-perisai-dalam-pekan-gawai-dayak-kalbar-1y7hGUgUREZ. Diakses 22 Mei 2025.
Silvia, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gelang Manik-Manik Khas Dayak Kalimantan Sebagai Sumber Penyusunan LKPD. In Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology (pp. 195-206).
Sutama, I. K., Suharta, I. G. P., & Suweken, G. (2014). Pengembangan Pembelajaran Geometri SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Berbantuan Wingeom. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 3(1).
Ulya, H., & Rahayu, R. (2018). Efektivitas Pembelajaran Probing-Prompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Teknodika, 16(2), 53-60.
Widada, W., D. Herawaty, and A. N. M. T. Lubis. (2018). Realistic Mathematics Learning Based on the Ethnomathematics in Bengkulu to Improve Students’ Cognitive Level. Journal of Physics: Conference Series 1088:012028. doi:10.1088/1742-6596/1088/1/012028.
التنزيلات
منشور
كيفية الاقتباس
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Bahasa Indonesia

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.