Improving Fine Motor Skills through Finger Painting Activities in Early Childhood at Kindergarten
DOI:
https://doi.org/10.24260/albanna.v5i2.4949الكلمات المفتاحية:
Fine Motor, Early Childhood, Kindergarten, Finger Paintingالملخص
Pendidikan anak usia dini merupakan masa emas yang menjadi landasan bagi perkembangan anak secara holistik khususnya aspek perkembangan motorik halus yang dapat membantu anak dalam melakukan aktivitas dasar seperti menggenggam, menekan, mengontrol gerakan jari, serta melatih koordinasi mata dan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas aktivitas finger paint dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini di TK ABA Al-Fitrah, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus anak, terbukti dari ketuntasan yang naik dari 38% pada pra-tindakan menjadi 62% pada Siklus I, dan mencapai 85% pada Siklus II. Temuan ini membuktikan bahwa kegiatan finger painting mampu melatih otot tangan dan jari, meningkatkan pengendalian gerakan, serta memperkuat koordinasi mata dan tangan melalui aktivitas yang kreatif, eksploratif, dan menyenangkan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu secara konsisten menghadirkan aktivitas pembelajaran yang kreatif dan interaktif untuk mendukung perkembangan anak usia dini. Orang tua diharapkan dapat mendampingi anak di rumah agar stimulasi motorik halus tetap berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran berbasis bermain dalam mengoptimalkan perkembangan motorik halus pada anak usia dini.
Early childhood education is a golden period that serves as a foundation for holistic child development, particularly in the aspect of fine motor skills, which can assist children in performing basic activities such as controlling finger movements and training hand-eye coordination. This research aims to determine the effectiveness of finger painting activities in improving the fine motor skills of preschool children at TK ABA Al-Fitrah, Karang Intan Subdistrict, Banjar Regency, South Kalimantan Province. The study employs a descriptive quantitative approach with data collection techniques in the form of pre-tests and post-tests.ensure safe and engaging facilities to optimally support the development of fine motor skills. The research results indicate an improvement in children's fine motor skills, evidenced by an increase in mastery from 38% in the pre-action phase to 62% in Cycle I and reaching 85% in Cycle II. These findings demonstrate that finger painting activities can train hand and finger muscles, enhance movement control, and strengthen hand-eye coordination through creative, exploratory, and enjoyable activities. The implications of this research suggest that teachers need to consistently present creative and interactive learning activities to support the development of young children. Parents are expected to accompany their children at home to ensure that fine motor stimulation continues. This research contributes to the development of play-based learning strategies in optimizing fine motor development in early childhood.
المراجع
Amudariya, E. (2023). Pengaruh Finger paint terhadap perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun TK Dharma Wanita Tegal Gede Jember. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–123.
Andriyani, A., & Indhra, F. M. (2022). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan media loose parts pada anak kelompok B TK Tunas Inti Dusun Tebo Jaya Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Kabupaten Bungo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–23.
Astuti, E. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik pada balita usia 4-5 tahun di TK Siswa Harapan Ciliwung Surabaya. Jurnal Kebidanan, 9(1), 45–53. https://doi.org/10.47560/keb.v9i1.241
Astuti, E. Y. (2023). Program Intervensi Dini Berbasis Keluarga (Family-Based) (Untuk Keluarga Yang Memiliki Anak Dengan Hambatan Motorik). SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(1), 99–108. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1239
Aulina, C. N. (2017). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Umsida Press.
Billah, A. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Permainan Kartu Huruf di RA Ma’dinul ‘Ulum Tulungagung. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.24260/albanna.v3i1.2135
Evivani, M., & Oktaria, R. (2020). Permainan finger painting untuk pengembangan kemampuan motorik halus anak usia dini. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 23–31.
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Caremedia Communication.
Haryanti, T. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Meronce Menggunakan Tanah Liat Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Stimulus: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 44–56.
Hayati, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Beronce Bentuk dan Warna Pada Kelompok b TK PKK Denggen. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 220–233.
Lestari, S. A., Gery, M. I., & Lyesmaya, D. (2024). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Seni Melipat Origami Pada Anak Lelompok A TK Aisyiyah 3 Cipetir. SEMNASFIP.
Mayar, F., Fitri, R. A., Isratati, Y., Netriwinda, N., & Rupnidah, R. (2022). Analisis Pembelajaran Seni melalui Finger painting pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2795–2801. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1978
Niqo, H., & Wahyudi, M. D. (2024). Mengembangkan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Menggunting Melalui Kombinasi Model Project Based Learning dan Metode Demonstrasi Dengan Media Bahan Bekas di TK. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), 1. https://doi.org/10.20527/jikad.v4i2.12611
Putri, H. A. & Hibana. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 754–767. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.14536
Putri, S. (2022). Aktivitas Mewarnai Media Pohon 3 Dimensi Dari Tempat Telur Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun di PAUD Kasih Ibu Kecamatan Jongkong Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Pelajaran 2019/2020. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.24260/albanna.v2i1.2044
Rizqina, A. L. (2019). Golden Age: Pendidikan Inklusi Berbasis Budaya di Lingkungan PAUD Lab. FIP UNY Pedagogia. 4, 113–122.
Roostin, E. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 66–79. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3481
Sari, M. M., Sariah, S., & Heldanita, H. (2020). Kegiatan Finger Painting dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), 136–145.
Setyowati, C. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Media Bahan Bekas. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 80–91. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.1696
Siregar, A. N., & Ismet, S. (2021). Analisis Manfaat Finger Painting Dalam Mengembangkan Kreativitas Berbasis Konsep Pribadi, Proses, Pendorong, Produk (4p) Bagi Anak Usia Dini. JURNAL CIKAL (Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini)), 2(1).
Suyadi, & Ulfa, M. (2017). Konsep dasar PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Taznidaturrohmah, Y. E., Pramono, P., & Suryadi, S. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Dinoyo 01 Mojokerto. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 20–26. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.29805
Wahyuningsih, S., Wahyuni, S., & Siregar, R. (2023). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 991–1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3892
Winata, N. S. P., Widayati, S., & Widayanti, M. D. (2023). Penerapan Finger Painting Dalam Menstimulasi Imajinasi Dan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Bidang Seni. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4).
Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan montase pada anak kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 118–123.
التنزيلات
منشور
كيفية الاقتباس
إصدار
القسم
الرخصة
الحقوق الفكرية (c) 2025 Maryanti, Uswatun Nisa, Muhammad Yusuf

هذا العمل مرخص بموجب Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.