Kebijakan Kampus Merdeka dan Implementasinya di FTK UIN Ar-Raniry dalam Efektivitas Belajar Mahasiswa

  • Liza Safira Mardhatillah UIN Ar-Raniry
  • Silahuddin Silahuddin UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Zulfatmi Zulfatmi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh
  • Juharoh Juharoh Pascasarjana IAIN Pontianak, Indonesia
Keywords: Policy, Independent Campus, FTK UIN Ar-Ranir, Learning Effectiveness

Abstract

This research analyzes the independent campus policy and its implementation at FTK UIN Ar-Raniry in terms of student learning effectiveness. The independent campus policy is a policy currently established by the Minister of Education, which is designed to help students excel in their studies and is a step towards improving the quality of education in Indonesia. This research aims to determine the current condition of independent campus policy and implementation at FTK UIN Ar-Raniry and the extent to which the university infrastructure is prepared to help student learning effectiveness. This research uses qualitative research methods, and data collection techniques are carried out using involved observation and secondary data that support the research. Meanwhile, the data processing techniques in this research are based on Miles and Huberman, including data collection, data reduction, data presentation and conclusion. Implementation of the Independent Campus Policy is very important, and the forms of activities based on the Independent Campus concept that have been applied to students at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Ar-Raniry are: Mangang I, Mangang II, PPKPM (PPL and KPM), Research, and students are given freedom to study at two different universities simultaneously, and students are also free to take part in extracurriculars available within the University and outside the University.

 

ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis tentang kebijakan kampus merdeka dan implementasinya di FTK UIN Ar-Raniry dalam efektivitas belajar mahasiswa. Kebijakan kampus merdeka adalah kebijakan yang ditetapkan saat ini oleh mentri pendidikan, yang dirancang untuk membantu mahasiswa agar unggul dalam studinya dan merupakan langkah terciptanya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kebijakan dan implementasi kampus merdeka di FTK UIN Ar-Raniry saat ini dan sejauh mana infrastruktur universitas disiapkan untuk membantu efektivitas belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pengamatan terlibat dan data sekunder yang menunjang penelitian. Sedangkan teknik pengolahan data pada penelitian ini berdasarkan pada Miles dan Huberman, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Implementasi Kebijakan kampus merdeka sangatlah penting, dan bentuk kegiatan pada konsep Kampus Merdeka yang telah diterapkan pada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry yaitu: Mangang I, Mangang II, PPKPM (PPL dan KPM), Penelitian atau Riset, serta Mahasiswa diberikan kebebasan untuk berkuliah pada dua perguruan tingi yang berbeda secara bersamaan, dan mahasiswa juga bebas mengikuti ekstrakurikuler yang tersedia di dalam Universitas maupun diluar Universitas

Kata kunci: Kebijakan; Kampus Merdeka; FTK UIN Ar-Raniry; Efektivitas Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony Anggrawan, Baiq Candra Herawati, Erwin Suhendra, Siti Soraya. 2023. Implementasi Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. Jambi: Sonpedia Publishing

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus : Model MBKM Program Studi ). 4(1), 195–205.

Deni Sopiansyah, Siti Masruroh. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka)”. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal 4(1): 34-41

Hamid Patilima. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

https://aceh.kemenag.go.id/berita/161296/iain-ar-raniry-resmi-jadi-uin

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Merdeka Belajar: Kampus merdeka, 24 Januari 2020

Lathif, N., Garnasih, Y., Milonno, Y. K., Siswajanthy, F., Handoyo, S., Wijaya, M. M., Hukum, P. I., Hukum, F., Pakuan, U., Belajar, M., & Tinggi, P. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM KEBIJAKAN MBKM UNTUK MENCIPTAKAN. 08, 277–293.

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 2022. Laporan Sosialisasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Matiati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora. 747-758

Nikmatul Khoiriah. 2024. Ma’had Al-Qur’an dan Perannya bagi Institute PTIQ. Jakarta: PT Nasya Expanding Management.

Nurhayani Siregar, Rafidatun Sahirah, Arsikal Amsal Harahap. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal Of Islamic Education 1(1): 141-157

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.3 Tahun 2020

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 64 Tahun 2013

Retna Ngesti Sedyati. 2022. “Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi”, Jurnal Pendidikan Ekonomi 16(1)

Riya Widayanti, Alvian Thedy. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Sistem Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas ESA Unggul. Abdimas 8(2), 124-131

Sandu Siyoto, Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi : Sebuah Tinjauan Literatur. 2(2), 30–38.

Sulistiyani, E., Soleha, U., Amalia, R., Hartatik, S., & Sisiawan, R. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) pada Fakultas Kesehatan dan Non Kesehatan. 4(1), 686–698.

Syahrul Ramadhan, Suci Megawati. 2022. “Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya”. Publika 11(1): 1581-1592

Wiwi uswatiyah masruroh, neni argaeni. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Serta Pendidikan Tinggi. Dirosah Islamiyah. 3(1), 27-40

Yoga Budi Bhakti, Melda Rumia Rosmery Simorangkir, Awaluddin Tjalla, Anan Sutisna. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Perguruan Tinggi. Reseacrh and Development Journal of Education 8(2): 783-790

Published
2023-12-31
How to Cite
Mardhatillah, L., Silahuddin, S., Zulfatmi, Z., & Juharoh, J. (2023). Kebijakan Kampus Merdeka dan Implementasinya di FTK UIN Ar-Raniry dalam Efektivitas Belajar Mahasiswa. Arfannur, 4(3), 209 - 218. https://doi.org/10.24260/arfannur.v4i3.2107
Section
Articles