Manajemen Bisnis Online Shop dengan Pendekatan Dakwah di Aghnia Store dalam Lingkungan Pondok Pesantren Modern Munzalan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap sesuai faktual tentang: 1) Perencanaan bisnis online shop dengan pendekatan dakwah dalam lingkungan Pondok Pesantren Munzalan; 2) Strategi pelaksanaan bisnis online dengan pendekatan dakwah di Aghnia Store; 3) Pengawasan dan evaluasi pada kegiatan bisnis online. Penelitian ini menggungakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Kemudian teknik yang digunakan untuk mengumpukan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan bisnis online di Aghnia Store meliputi a) perencanaan tenaga pengajar spiritual company, dilakukan perekrutan, dan seleksi b) Rekrutmen tenaga ahli yang dibutuhkan dalam kegiatan bisnis online seperti IT, Marketing, dan programmer dengan proses perekrutan dan bimbingan c) Rekrutmen santri untuk dilaksanakan bimbingan bisnis online, diawali dengan perekrutan, pembagian pelaksanaan waktu dan kelompok. 2) Strategi bisnis online juga meliputi: a) membuat lapak bisnis online, memaksimalkan jaringan dan relasi, membuat konten menarik, bergabung dengan marketplace, reward untuk para reseller b) mengontrol dan membimbing aktivitas bisnis online. 3) Pengawasan dan evaluasi yang dilakukan oleh Aghnia Store meliputi: a) Mengukur hasil kinerja anggota b) Mengoreksi kinerja anggota c) Koordinasi bersama seluruh para karyawan.
References
Agustinovo, D. E. (2016). Penelitian Kualitatif Teori & Prakik. Yogyakarta: Calpulis.
Amin, R. d. (2010). Menggagas Manajemen Syari’ah: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.
Anderson, C. (1983). Konteks Sosial Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Anshari, H. (1993). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Arifin, B. d. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Perpusnas RI.
Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Burhan, B. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaffey, D. d. (2008). E-Marketing Exellence. UK: Butterworth-Heinemann.
Dadang, K. (2000). Metode Penelitian Agama : Perspektif Ilmu Perbandingan Agama. Bandung: Pustaka Setia.
Diana, I. S. (2008). Manajemen. Jogjakarta: Mitra Cendekia Press.
Fattah, n. (2001). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hanafi, A. H. (2011). Metodologi Penelitian Bahasa: untuk penelitian, tesis, dan disertasi. Jakarta: Diadit Media.
Handayanigrat. (1988). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: CV. Haji Masagung.
Hariandja, M. T. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Harun, R. (2000). Metode Penelitian Kualitatif Bidang Ilmu Sosial dan Agama. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
Ibrahim. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Ilahi, M. M. (Jakarta). Manajemen Dakwah. 2009: Kencana Prenada Media Group.
Jusmaliani. (2011). Pengelolaan Sumber Daya Insani. Jakarta: Bumi Aksara.
Kamaludin, A. (2010). Etika Manajemen Islam. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Kayo, K. P. (2007). Manajemen Dakwah dari Dakwah Konvensional Menuju Dakwah Profesional. Jakarta: Amzah.
Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Kencana.
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munir, M. (2009). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nasution, S. (1992). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Oemar, H. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Pimay, A. (2006). Metodologi Dakwah. Semarang: RaSAIL.
Pribadi, W. (2010). 12 Peluang Usaha Online. Jakarta: Bukune.
Sahroni, O. ( 2019). Fikih Muamalah Kontemporer. Jakarta: Anggota IKAPI.
Sangadji, M. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Press.
Satori, D. d. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Stout. (1993). Performance Management Guid. Canada: Alberta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Supomo, R. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: Yrama Widya.
Sutrisno, E. (2017). Manajemen Sumber Manusia. Jakarta: Kencana.
Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press.
Terry G.R, L. R. (2009). Dasar-dasar Manajemen. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Umar, H. (2000). Bussines: An Introduction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wahyono, J. (2010). Sekolah Kaya Sekolah Miskin Guru Kaya Guru Miskin. Elex Media Komputindo.
Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.
Waldan, R (2019). Pengantar Manajemen. Pontianak: IAIN Press.
Waldan, R (2020) The effect of Achivement Motivation TraininG ON Improving Woman Enterpreneurs Motivation Sambas District. Jurnal Raheema,7 (1),18-29.
Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.
Waldan, R (2020). Total Quality Management dalam Perspektif Islam. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 1(1), 263-274.
Wiryoputro, S. (2008). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: PT Gunung Mulia.
Wong, J. (2010). Internet Marketing For Beginners. Jakarta: Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.
Copyright (c) 2021 chumaimi chumaimi chumaimi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).