PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA INDONESIA DI KELAS VB
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v2i1.1271Kata Kunci:
Make a match, Learning ResultAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:1) Hasil belajar peserta didik materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebelum menggunakan model pembelajaran tipe make a match. 2) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 3) Hasil belajar peserta didik materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran tipe make a match. 4) Ada tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran tipe make a match di kelas V MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Lokasi penelitian adalah MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah. Sumber data peserta didik kelas VB. Teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data lembar soal, lembar observasi dan camera digital/HP. Analisis data menggunakan mean, persentase dan indikator keberhasilan.
Hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan: 1) Hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di kelas VB MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah tahun pelajaran 2021/2022 yaitu terdapat rata-rata 69,9 dan
7 orang peserta didik yang tuntas. 2) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di kelas VB MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah tahun pelajaran 2021/2022 pada siklus I dapat terlaksana 75%, siklus II terlaksana 85% dan siklus III terlaksana 90% dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan. 3) Hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di kelas VB MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah tahun pelajaran 2021/2022 pada siklus I adalah 46% , siklus II adalah 53% dan siklus III adalah 88%. 4)Terdapat peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar materi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di kelas VB MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah tahun pelajaran 2021/2022 adalah dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 7%, dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 35% sedangkan dari siklus I ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 42%.