PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA COUPLE CARD

Penulis

  • Soleha Soleha MTs Birrul Walidaini
  • Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota IAIN Pontianak
  • Fathurrosi Fathurrosi IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v2i1.1272

Kata Kunci:

Improved learning outcomes, think pair share model, couple card media

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan: (1) untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model think pair share berbantuan media couple card pada pembelajaran tematik subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan;(2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model think pair share berrbantuan media couple card pada pembelajaran Tematik Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan;(3) Untuk mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh hasil belajar melalui penerapan model think pair share berbantuan media couple card pada pembelajaran Tematik Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan. Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Maka peneliti menyimpulkan: 1) Hasil belajar peserta didik kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan pada pembelajaran tematik Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku sebelum menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Couple Card belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dilihat dari hasil belajar semua peserta didk yang tidak mecapai KKM rata–rata nilai keseluruhan hanya sebesar 32,6%; 2) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan pada pembelajaran tematik Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku setelah menggunakan model Think pair Share berbantuan media Couple Card, pada siklus I terdapat 23 siswa dari 31 siswa yang sudah mencapai KKM dengan rata-rata nilai keselu ruhan mencapai 85,3. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 95,2% dan seluruh peserta didik mencapai nilai KKM; 3)Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan model Think Pair Share berbantuan media Couple Card terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MI Tarbiyatus Shibyan pada pembelajaran tematik Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata–rata nilai yang awalnya 32,6% menjadi 85,3% dan terus meningkat menjadi 95,2%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-29

Terbitan

Bagian

Articles