PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 06 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v2i2.1870Kata Kunci:
Picture and Picture Learning Model, Learning OutcomesAbstrak
Latar belakang penelitian ini bahwa model pembelajaran picture and picture menjadi salah satu perantara untuk mencapai hasil belajar peserta didik yang lebih baik karena menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan yang logis untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk memaparkan (1) hasil peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran picture and picture (2) memaparkan pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen. Kesimpulan penelitian ini (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakn model pembelajaran picture and picture (pretest) telah memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 62,86 dengan kategori cukup. Hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75 pada materi metamorfosis hewan (2) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture (posttest) terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 81,07 dengan kategori baik pada materi metamorfosis hewan. (3) penggunaan model pembelajaran picture and picture berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 06 Pontianak Timur.