PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI BERBANTUAN APLIKASI PLOTAGON TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI NURUL ISLAM PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v2i2.1871Kata Kunci:
Animated Video Media, Plotagon ApplicationAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Hasil belajarsebelum menggunakan video animasi berbantuan aplikasi plotagon; (2) Hasil belajar sesudah menggunakan video animasi berbantuan aplikasi plotagon; (3) Ada tidaknya pengaruh penggunaan video animasi berbantuan aplikasi plotagon terhadap hasil belajar peserta didik materi organ gerak hewan dan manusia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Pontianak tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pretest postest one group design experiment. Teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi dan observasi dengan alatnya berupa lembar tes dengan 30 butir soal pilihan ganda, kamera hp dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis instrumen dan analisis pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa : (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan media video animasi berbantuan aplikasi plotagon rata-rata 53,47. (2) Penerapan media video animasi berbantuan aplikasi plotagon dengan hasil presentase 100%. (3) Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan video animasi berbantuan aplikasi plotagon rata-rata 92,86. (4) Ada pengaruh secara signifikan menggunakan video animasi berbantuan aplikasi plotagon dengan Ho ditolak (H? diterima).