PENERAPAN STRATEGI MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI MIN 1 PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i2.3514Kata Kunci:
Strategi Make A Match, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan strategi make a match. (2) Langkah-langkah penerapan strategi make a match untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. (3) Hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi make a match. (4) Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi make a match. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar sebelum menerapkan strategi make a match yaitu terdapat rata-rata 64,88 dan 49% atau 21 orang peserta didik yang tuntas, 2) Penelitian ini dilakukan dua siklus. Pada siklus I kelebihannya adalah guru sudah cukup maksimal dalam menerapkan langkah-langkah strategi make a match. Sedangkan kekurangan pada siklus I adalah guru dalam membagi alokasi waktu belum maksimal. Pada siklus II kegiatan guru sudah meningkat dan sangat baik dari langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan, 3) Hasil belajar setelah menerapkan strategi make a match pada siklus I adalah 65% atau 28 peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata 73,72, dan siklus II adalah 86% atau 37 peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 85,35, 4) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan strategi make a match dengan presentase ketuntasan dari 49% menjadi 86% dengan nilai rata-rata sebelum menerapkan strategi make a match yaitu 64,88 naik menjadi 85,35.