EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD MUHAMMADIYAH KEMIRI

Penulis

  • Ida Amelia STAINU Purworejo
  • Dhiya Ayu Tsamrotul Ihtiari STAI Nahdlatul Ulama Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v3i2.3601

Kata Kunci:

Learning Outcomes, AIR Learning Model, conventional learning model

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kemiri yang ditunjukkan oleh data bahwa 35% siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dibandingkan model konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan post-test only control design melibatkan dua kelompok siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Muhammadiyah Kemiri. Sampel penelitian terdiri dari 20 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Analisis data menggunakan statistik nonparametrik Mann-Whitney U. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil yang signifikan dengan nilai p-value = 0,005 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran AIR lebih baik daripada siswa yang metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode AIR, yang menekankan pembelajaran melalui pendengaran, intelektual, dan pengulangan, efektif dalam meningkatkan pemahaman dan retensi siswa. Temuan ini mendukung teori pembelajaran konstruktivis dan memperkuat pentingnya pengulangan sebagai strategi dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi model AIR dalam kurikulum pembelajaran untuk mengatasi keterbatasan metode konvensional dan meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles