Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Media Video sebagai Strategi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi IPAS
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i2.4914Kata Kunci:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Media Video, Berpikir Kritis, IPAS, Sekolah DasarAbstrak
Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu keterampilan esensial yang perlu dikembangkan sejak pendidikan dasar, terutama dalam menghadapi arus informasi yang semakin kompleks. Namun, pada praktik pembelajaran di sekolah dasar, peserta didik masih menunjukkan kesulitan dalam menguraikan masalah, menyusun alasan logis, dan menarik simpulan dari informasi yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang dipadukan dengan media video pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas IV SDN 03 Pontianak Timur. Instrumen yang digunakan meliputi tes berpikir kritis, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan ketuntasan belajar dari 27% pada tahap pratindakan, menjadi 60% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah bermedia video terbukti efektif dalam membentuk keterlibatan aktif dan kemampuan berpikir kritis peserta didik secara bertahap.
Referensi
Ardiansyah, Meyko Panigoro, and Nurul Maulida Alwi. 2024. “Pemanfaatan Media Video Pada Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 8(1): 1–9. doi:10.23887/jppp.v8i1.63178.
Faiz, Fahruddin. 2012. “Thinking Skill (Pengantar Menuju Berpikir Kritis).” Yogyakarta: SUKA- Press UIN Sunan Kalijaga.: 3.
Fitria, Resti. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP.” Tsaqofah 2(1): 23–30. doi:10.58578/tsaqofah.v2i1.253.
Fitriya, Devi, Aam Amaliyah, Pujianti Pujianti, and Nur fauziah Fadhillahwati. 2022. “Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013.” JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) eISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543 3(5): 362–66. doi:10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366.
Hendrayadi, Syafrudin, and Rehani. 2023. “Berpikir Kritis Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 6(2): 2382–91.
Inov Putri Arsita, Sofia, and Choiriyah. 2024. “Penarapan Mind Mapping Sebagai Metode Meningkatkan Skill Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Penelitian Pendidikan. doi:10.21137/jpp.2024.16.1.7. Khairunnisa, Ajeng Alya, I Isrokatun, and Cucun Sunaengsih. 2024. “Studi Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Meningkatkan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 10(1): 242–50.
Khoirulloh, Hilmi, I Made Astra, and Yuliana Rahayu. 2024. “The Implementation of Problem Based Learning (PBL) Assisted by Video on Momentum and Impuls Material to Improve Students Critical Thinking Abilities.” Jurnal Penelitian
Pendidikan IPA 10(2): 704–13. doi:10.29303/jppipa.v10i2.6320.
Nadhiroh, Syifaun, and Isa Anshori. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4(1): 56–68.
doi:10.53802/fitrah.v4i1.292. Pagarra H & Syawaludin, Dkk. 2022. Badan Penerbit UNM Media Pembelajaran.
Pratiwi, Indira, and Mawardi. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa.” Journal of Education Action Research 6(3): 302–8.
Sam, Noer Chadijah L, S Syahrul, and Hendra Jaya. 2018. “Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis ….” Jurnal MEKOM (Media Komunikasi. 5(2): 112– 23.
Subagiyo, Lambang, Sonia Ayu Riani, and Abdul Hakim. 2023. “Exploring Students’ Critical Thinking Skills with A Problem-Based Learning Model Assisted by Animated Video in Static Fluid Learning.” Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika 11(2):
doi:10.20527/bipf.v11i2.15815. Wijaya, Thomas, Wahidmurni Wahidmurni, and Samsul Susilawati. 2022. “Efektivitas
Strategi Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik.” Jurnal Basicedu 6(4): 7627–36. doi:10.31004/basicedu.v6i4.3606.
Zuhannisa’, Shofitri, Achmad Jufriadi, and Hari Budianto. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Video Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pemanasan Global.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 3(6): 473–83. doi:10.17977/um065v3i62023p473-483.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Karya Ilmiah Pendidik dan Praktisi SD&MI (JKIPP)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.










