Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Tipe Percontohan Pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar

Penulis

  • Soma Triharyoso Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Maha IAIN Pontianak
  • syarifah IAIN Pontianak

Kata Kunci:

Profil Pelajar Pancasila, Value Clarification Technique (VCT), Tipe Percontohan

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe percontohan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi "Menaati Aturan di Sekitarku" di Kelas II A Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sampel  wali kelas dan peserta didik yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selain itu, dianalisis melalui reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil data menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran mencakup pembuatan modul ajar yang menekankan pentingnya menaati aturan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya; (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru menguatkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis melalui model Value Clarification Technique (VCT), membantu peserta didik mengenali nilai-nilai perilaku melalui pendidikan Pancasila; dan (3) evaluasi dilakukan dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memfasilitasi refleksi dan penilaian kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilai-nilai perilaku.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles