Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Tipe Percontohan Pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar

Penulis

  • Soma Triharyoso Institut Agama Islam Negeri Pontianak
  • Maha IAIN Pontianak
  • syarifah IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i2.5022

Kata Kunci:

Profil Pelajar Pancasila, Value Clarification Technique (VCT), Tipe Percontohan

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe percontohan pada pembelajaran Pendidikan Pancasila materi "Menaati Aturan di Sekitarku" di Kelas II A Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan sampel  wali kelas dan peserta didik yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selain itu, dianalisis melalui reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil data menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran mencakup pembuatan modul ajar yang menekankan pentingnya menaati aturan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya; (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru menguatkan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis melalui model Value Clarification Technique (VCT), membantu peserta didik mengenali nilai-nilai perilaku melalui pendidikan Pancasila; dan (3) evaluasi dilakukan dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang memfasilitasi refleksi dan penilaian kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi nilai-nilai perilaku.

Referensi

Abdussamad, Z., & . (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV syakir media press.

Habaridota, M. L. B. B. (2023). Analisis Penerapan Metode Mind Mapping Materi Perkembangan PPKn Di Indonesia SD/MI. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPP), 2(20), 213–219.

Hasan, M., Rahmat, A., Hasyim, S. H., Nurasaeni, Harahap., T. K., Hasibuan, S., Rodliyah, I., Thalhah, S. Z., Rakhman, D. C. U., Ratnaningsih, P. widiastuti, Inanna, Mattunruang, A. A., Herman, Yusriani, Nahriana, Dumaris, Yetty, & Arisa, N. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. CV Tahta Media Group.

Hasjmy., maridjo abdul, & Habaridota, M. lastasa buju basafpipana. (2014). Konsep Dasar Materi PPKn.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Kemendikbud. (2019). Merdeka belajar 11. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–6. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/empat-pokok-kebijakan-merdeka-belajar

Kurnia, W. R., & Yuwono, C. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Era Pandemi pada Sekolah Dasar Di Kecamatan Kalinyamatan Jepara. Indonesiam Journal for Physical Education Dan Sport, 2(1), 327–335. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.

Nisa’, F., Larasati, H. R., & Supratman, Y. B. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Pancasila Di Sekolah Terhadap Penerapan Implementasi Pancasila Pada Pelajar. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 1(1). https://doi.org/10.31315/jpbn.v1i1.4435

Nurhijrah. (2021). Peningkatan Kemampuan Siswa Menganalisa Materi Kewarganegaraan Melalui Metode VCT (Value Clarification Technique). Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 156–164.

Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 78. https://naikpangkat.com/implementasi-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/

Rahayu dan Aly. (2023). Evaluasi Kurikulum. Journal on Education, 5(3), 5693–5699. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i3.160

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332

Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Sari, A. A., Maskhuriyah, D. El, Fatchan, E. G., Murti, V. S., & Maulidia, W. (2022). Mempersiapkan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4(April), 1068–1074. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/433

Sibaweh, M. dan imam. (2023). Manajemen Evaluasi Pembelajaran. Rajawali Pers.

Suhardi. (2018). Pengantar Manajemen dan Aplikasinya (A. Eliyana (ed.)). GAVA MEDIA.

U, C. B. (2018). Manajemen Pembelajaran. UNNES PRESS.

Uktolseja, N. F., Nisa, A. F., Arafik, M., & Wiarsih, N. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Tematik Berbasis Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 151–158. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/12369

Yesi Anita1, Atri Waldi, Atika Ulya Akmal Kenedi, A. K. H. A. M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Social and Emotional Learning untuk Meningkatkan Nilai Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7087–7095. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

Soma Triharyoso, Maha Lastasa Buju Basafpipana Habaridota, & Syarifah Asmiati. (2025). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) Tipe Percontohan Pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jurnal Karya Ilmiah Pendidik Dan Praktisi SD&Amp;MI (JKIPP), 4(2), 86–98. https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i2.5022

Terbitan

Bagian

Articles