Pengaruh Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Penulis

  • Heny Endang Wahyuni MI Al-Ikhlas Selaba Bengkayang
  • Zul IAIN Pontianak
  • Janah IAIN Pontianak

Kata Kunci:

Media Powtoon, Hasil Belajar IPA, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbentuk video pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di kelas IV SDN 39 Pontianak. Desain penelitian menggunakan quasi-eksperimen dengan pendekatan non-equivalent control grup design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang yang terdiri dari kelas IVA sebagai kelas eksperimen, dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Variable bebas dalam penelitian ini yaitu penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon, dan variable terikat dalam penelitian ini yaitu hasil belajar IPA. Hasil penelitian menujukkan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata Pretest 48,80 dan nilai rata-rata Posttest 78,04. 4) Berdasarkan hasil uji independent sample t-test kelas eksperimen bahwa di dapatkan nilai signifikan sebesar 0,039 < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh pada penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gaya gravitasi bumi kelas IV di SDN 39 Pontianak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles