Studi Literatur: Implementasi Dan Tantangan Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Implementation and challenges of authentic assessment, Thematic Learning, Elementary schoolAbstrak
Penilaian otentik dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar merupakan pendekatan penting untuk menilai kompetensi siswa secara menyeluruh, tidak hanya pada aspek kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik. Penilaian ini relevan dengan Kurikulum 2013 karena berfokus pada tugas nyata yang mencerminkan penerapan pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian otentik serta mengidentifikasi tantangan dalam penerapannya di SD melalui studi kepustakaan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan induktif, mengacu pada buku, jurnal, dan sumber online yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi penilaian otentik telah berjalan cukup baik dengan penggunaan berbagai teknik seperti portofolio, proyek, observasi, dan tes tertulis. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi kendala, seperti keterbatasan waktu, kompleksitas format, serta kurangnya pemahaman guru terhadap konsep dan teknis penilaian otentik. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan berkelanjutan dan penyederhanaan format agar penilaian otentik dapat diterapkan secara maksimal dan efektif dalam mendukung pembelajaran yang bermakna.