Studi Literatur: Implementasi Dan Tantangan Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24260/jkipp.v4i2.5020Kata Kunci:
Implementation and challenges of authentic assessment, Thematic Learning, Elementary schoolAbstrak
Penilaian otentik dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar merupakan pendekatan penting untuk menilai kompetensi siswa secara menyeluruh, tidak hanya pada aspek kognitif tetapi juga afektif dan psikomotorik. Penilaian ini relevan dengan Kurikulum 2013 karena berfokus pada tugas nyata yang mencerminkan penerapan pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian otentik serta mengidentifikasi tantangan dalam penerapannya di SD melalui studi kepustakaan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan induktif, mengacu pada buku, jurnal, dan sumber online yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa implementasi penilaian otentik telah berjalan cukup baik dengan penggunaan berbagai teknik seperti portofolio, proyek, observasi, dan tes tertulis. Namun, pelaksanaannya masih menghadapi kendala, seperti keterbatasan waktu, kompleksitas format, serta kurangnya pemahaman guru terhadap konsep dan teknis penilaian otentik. Oleh karena itu, dibutuhkan pelatihan berkelanjutan dan penyederhanaan format agar penilaian otentik dapat diterapkan secara maksimal dan efektif dalam mendukung pembelajaran yang bermakna.
Referensi
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402
Anshori, S. (2013). Penerapan penilaian Otentik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. In UPBJJ-UT Surabaya. https://repository.ut.ac.id/4900/1/2014-dn-032.pdf
Febriani, R. (2021). Implementasi Penilaian Otentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 7(2), 121–127. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v7i2.367
Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Otentik. Elmidad:Jurnal PGMI, 10(No. 2), 131–152. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/778
Magdalena, Endayana, B., Pulungan, A. I., Maimunah, & Nurazmi Dalila Dalimunthe. (2021). METODE PENELITIAN UNTUK PENULISAN LAPORAN PENELITIAN DALAM
ILMU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Penerbit Buku Literasiologi Anggota. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng- 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008. 06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETU NGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Maulana Arafat Lubis. (2018). Pembelajaran Tematik Di SD/ MI Pengembangna Kurikulum 2013. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI). https://books.google.co.id/books?id=Sl7EEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=inauth or:%22Maulana+Arafat+Lubis,+M.Pd.%22&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sourc e=gb_mobile_search&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=inauthor%3A%22Maulana Arafat Lubis%2C M.Pd.%22&f=false
Musnawa, Hafizah, N., Alamsyah, P., Musrrofah, Musyarati, & Jannah, R. (2024). Problematik Guru Dalam otentik Di pembelajaran Tematik. Jurnal Karya Ilmiah Pendidikan Dan Praktisi SD & MI (JKIPP), 3(2). https://ejournal.iainptk.ac.id/index.php/jkipp
Ruslan, Fauziah, T., & Alawiyah, T. (2016). Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Otentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 147–157. https://media.neliti.com/media/publications/188254-ID-kendala- guru-dalam-menerapkan-penilaian.pdf
Suhendra, A. (2021). Implementasi Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.
Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 85–97. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3724 Supardi. (2015). Penilaian Otentik. Raja Grafindo.Tepper.
Supinah. (2022). KETAHANAN EMOSIONAL Kemampuan Yang Harus Dimiliki. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=bBx9EAAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id#v=o nepage&q&f=false
Winarti, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2016). Penilaian Otentik (Penilaian Abad 21, Berbasis 4 Cs).
Zaen, A. H., & Ropiah. (2021). Implementasi Penilaian Otentik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri 2 Setu Kulon. Prosiding Dan Web Seminar (Webinar), 100–107. https://e- journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/2221.
Jamilah, K. M., & Fitri, A. Z. (2022). Pelaksanaan Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. At-Thullab, 6(2), 96. https://doi.org/10.30736/atl.v6i2.998
Febriani, R. (2021). Implementasi Penilaian Autentik pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. 7(2), 121–127. https://doi.org/10.46963/MPGMI.V7I2.367
Robi’ah, W. R. (2025). Authentic Assessment in Kurikulum Merdeka: Benefits, Challenges, and Implementation Strategies. Deleted Journal, 3(1), 22–28. https://doi.org/10.61787/a9zpxd36
Paudel, M. (2024). Teachers’ Understanding and Implementation of Authentic Assessment in the Integrated Curriculum for Grades 1 to 3: The Case of Nepal. 1(1), 1–14. https://doi.org/10.58197/prbl/ycpe2495.
Marwa, N. W. S., Pitria, P. R., & Madani, F. (2024). Development of authentic assessment of 21st-century skills in Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 21(2), 635–646. https://doi.org/10.17509/jik.v21i2.67273
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Karya Ilmiah Pendidik dan Praktisi SD&MI (JKIPP)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.










