Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Model VCT Tipe Daftar Baik Buruk Pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar

Penulis

  • Dinda Sarono Putri -
  • Maha IAIN Pontianak
  • Syarifah Asmiati IAIN Pontianak

Kata Kunci:

Pancasila Learner Profile, Value Clarification Technique (VCT), Good and Bad List

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila dengan

menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik dan buruk dalam pendidikan

Pancasila, khususnya pada materi menaati peraturan sekolah untuk peserta didik kelas II di Sekolah Dasar

Negeri 03 Pontianak Timur pada Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah deskriptif

dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas II B di Sekolah Dasar Negeri

03 Pontianak Timur. Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa:

Perencanaan yang dilakukan guru kelas II B sesuai dengan model Value Clarification Technique (VCT)

tipe daftar baik dan buruk, yang mencakup modul ajar, penguatan profil pelajar Pancasila, dan perencanaan

dalam lembar kerja peserta didik (LKPD); Pelaksanaan model Value Clarification Technique (VCT) tipe

daftar baik dan buruk memungkinkan guru untuk berhasil menyampaikan pembelajaran yang tidak hanya

mengajarkan materi menaati peraturan tetapi juga membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-

nilai Pancasila; Proses evaluasi sesuai dengan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik

dan buruk serta mencakup aspek penilaian afektif. Dampak positif dari penelitian ini adalah penggunaan

model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik dan buruk dapat memperkuat profil pelajar

Pancasila, khususnya pada aspek gotong royong.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-30

Terbitan

Bagian

Articles