Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Model VCT Tipe Daftar Baik Buruk Pada Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Pancasila Learner Profile, Value Clarification Technique (VCT), Good and Bad ListAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan profil pelajar Pancasila dengan
menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik dan buruk dalam pendidikan
Pancasila, khususnya pada materi menaati peraturan sekolah untuk peserta didik kelas II di Sekolah Dasar
Negeri 03 Pontianak Timur pada Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah guru kelas II B di Sekolah Dasar Negeri
03 Pontianak Timur. Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa:
Perencanaan yang dilakukan guru kelas II B sesuai dengan model Value Clarification Technique (VCT)
tipe daftar baik dan buruk, yang mencakup modul ajar, penguatan profil pelajar Pancasila, dan perencanaan
dalam lembar kerja peserta didik (LKPD); Pelaksanaan model Value Clarification Technique (VCT) tipe
daftar baik dan buruk memungkinkan guru untuk berhasil menyampaikan pembelajaran yang tidak hanya
mengajarkan materi menaati peraturan tetapi juga membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-
nilai Pancasila; Proses evaluasi sesuai dengan model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik
dan buruk serta mencakup aspek penilaian afektif. Dampak positif dari penelitian ini adalah penggunaan
model Value Clarification Technique (VCT) tipe daftar baik dan buruk dapat memperkuat profil pelajar
Pancasila, khususnya pada aspek gotong royong.