PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI LAZISMU KALBAR

  • Ridho Revo Aranda IAIN Pontianak
Keywords: LAZISMU, Muzakki, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, dan Loyalitas

Abstract

Pencapaian penerimaan zakat, infaq dan shadaqah di Indonesia selalu menjadi pembicaraan hangat antara pemerintah, lembaga kemanusiaan dan lembaga ZIS. Lembaga ZIS dituntut membuat program yang inovatif dan kreatif serta meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan muzakii untuk mendapatkan loyalitas muzakki. Kondisi lembaga ZIS yang baik dapat menarik muzakki untuk menyalurkan dananya ke lembaga. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas muzakki. Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas muzakki. Serta pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan secara simultan terhadap loyalitas muzakki LAZISMU Kalimantan Barat. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan SPSS 16.0 Hasil penelitian yang didukung dengan terpenuhinya uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, linieritas, heterokedastisitas, autokorelasi dan uji multikolinieritas menunjukkan bahwa variabel  kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki LAZISMU Kalbar dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,550 > 2,037. Selanjutnya variabel kepuasan dengan nilai thitung sebesar 2,693 dan ttabel sebesar 2,037 berdasarkan nilai tersebut maka kepuasan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki. Adapun secara simultan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzakki LAZISMU Kalbar dibuktikan dengan nilai fhitung > ftabel yaitu 37,25>3,29.

References

Asep Saepul Hamdi (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Asmara Indahingwati (2019) Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Layanan Sim Keliling. Surabaya: Jakarta Publishing.

Azka Al Afifah (2007) Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Mandiri”, (skripsi), UIN Raden Fatah, Palembang, Indonesia.

Bahaudin Adnan (2018) Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Lembaga Amil Zakat Dengan Kepuasan Muzakki dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Muzakki”, (Skripsi), UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Bela Dwi Kuntari, dkk (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Bengkel PT Astra International Tbk – Daihatsu Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 36(1), 200.

Beni Kurniawan (2008) Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Grasindo.

Didin Hafidhuddin, (2002) Zakat Dalam Perekonomianw Moedern. Jakarta: Gema Insani..

Helisia Krisdayanti (2017) Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Minimarket Kertapati Jaya Indah”, (skripsi), UIN Raden Fatah, Palembang.

Indri Yulia fitri & Asma Nur Khoiriyah (2019) Pengaruh kepuasan Muzakki, Transparansi dan Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Persepsi Pada LAZ Rumah Zakat), Jurnal Ekonomi Islam, 7(2).

Indri Yulia fitri, dkk. (2016) Pengaruh kepuasan Muzakki, Transparansi dan Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat Terhadap Loyalitas Muzakki (Studi Persepsi Pada LAZ Rumah Zakat), Jurnal Ekonomi Islam, 7(2).

Mukhamad Najib Sutomo, dkk (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Lembaga Amil Zakat (Laz) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Muzakki (Studi Kasus Laz Pkpu Yogyakarta), Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 3(1).

Nurul Musqari & Nurul Huda (2018) Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Melalui Variabel Kepuasan pada Lembaga Amil Zakat (Studi pada Baituzzakah Pertamina Kantor Pusat), Journal Homepage, 2(1).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, “Data Kependudukan Provinsi Kalimantan Barat Menurut Agama”, https://dukcapil.kalbarprov.go.id/statistik/agama, diakses pada 20 Oktober 2020.

Republika, “Penghimpunan Dana Ziswaf Terus Meningkat”, https://republika.co.id/ berita/koran/dialog jumat/n7tctv4/sri-adi-bramasetia-ketua-forum-zakat-indoneasia-penghimpunandana-ziswaf, diakses pada 11 September 2019.

Ria Octavia (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Index Lampung, Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1).

Rohmaningtyas (2019) “Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah di Lembaga Keuangan Mikro Syariah”, (Skripsi), IAIN Salatiga, Salatiga, Indonesia.

Semesta Psikometrika, “Cara Membuat Kategorisasi Data Penelitian dengan SPSS”, https://www.semestapsikometrika.com/2018/07/membuat-kategori-skor-skala-dengan-spss.html, diakses pada 12 Februari 2020.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tribun Pontianak, “Lazizmu Kalbar Raih Award Terbaik Seindonesia”, https://pontianak.tribunnews.com/2018/12/10/lazismu-kalbar-raih-award-terbaik-se-indonesia, diakses pada 11 September 2019.

Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.

Waldan, R (2019). Pengantar Manajemen. Pontianak: IAIN Press.

Waldan, R (2020) The effect of Achivement Motivation TraininG ON Improving Woman Enterpreneurs Motivation Sambas District. Jurnal Raheema,7 (1),18-29.

Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.

Waldan, R (2020). Total Quality Management dalam Perspektif Islam. Journal of International Conference On Religion, Humanity and Development, 1(1), 263-274.

Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.

Waldan, R (2017). Quality of Work Life Sebagai Solusi Peningkatan Kinerja Karyawan dalam Perspektif Islam. Jurnal Al-Hikmah, 12(2), 29-50.

Waldan, R (2020) The effect of Leader Support And Competence to the Organizational Commitment on Employees Performance of Human Resources Development Agency in West Kalimantan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Prakarya dan kewirausahaan (JEBIK), 9 (1), 31-49.

Waldan, R (2020) Zakat Distribution Management Of National Amil Zakat Agency Of West Kalimantan Province. Jurnal Al-Hikmah, 14 (1), 37-48.

Waldan, R (2020) Total Quality Management dalam Persperktif Islam. ICRHD: Journal of International Conference on Religion, Humanity, and Development, 1 (1), 159-268.

Waldan, R (2020) The Effect of Achivement Motivation Training on Improving Women EnterpreneursMotivation Sambas District, jurnal raheema: jurnal studi gender dan anak 7 (1), 18-29

Waldan, R (2022) Resilience of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Through Islamic Social Finance (ISF) after the Covid 19 Pandemic, Journal of Multidisciplinary Islamic Studies eISSN 2785-9223 2 (1), 20-28

Waldan, R (2022) Rumah Zakat Kalimantan Barat Dalam Tinjauan Manajemen Fundraising, Dakwatun: Jurnal Manajemen Dakwah 1 (2), 61-77

Waldan, R (2022) The Effect of The Implementation of Total Quality Management on Student Learning Achievement at SMA Islam Al-Azhar 10 Pontianak, At-Turats 14 (1), 122-130

Widya Chitami Puti (2013) “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam”, (skripsi), Universitas Widyatama, Bandung, Indonesia.

Yulna Dewita Hiya, Pengaruh Nilai Pelanggan, Fasilitas Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di D’ladies Padang, Jurnal Economica, 5(1), 2016.

Published
2020-12-13
How to Cite
Aranda, R. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI LAZISMU KALBAR. J-MD: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 77-98. https://doi.org/10.24260/j-md.v1i1.123
Section
Articles