PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS ETNOMATEMATIKA KETUPAT TRADISIONAL DESA TANGGUL LIMBUNG

المؤلفون

  • Dhea Aqillah IAIN Pontianak
  • Havizul Havizul IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3062

الكلمات المفتاحية:

Etnomatematika، Ketupat tradisional، Media Pembelajaran، Poster

الملخص

Pengembangan media pembelajaran poster berbasis etnomatematika ketupat tradisional Desa Tanggul Limbung bertujuan meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika, serta menghargai dan melestarikan budaya lokal mereka. Metode yang digunakan adalah penelitian R&D, penelitian R&D bertujuan untuk menghasilkan produk baru atau memperbaiki produk yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran poster berbasis etnomatematika ketupat tradisional Desa Tanggul Limbung berhasil dikembangkan dengan baik. Poster tersebut menyajikan informasi tentang ketupat tradisional serta pola anyaman yang terkait dengan konsep matematika seperti sudut, bangun datar, hubungan garis, prisma ketupat dan diagonal. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran poster berbasis etnomatematika ketupat tradisional Desa Tanggul Limbung dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika, sekaligus menghubungkan konsep matematika dengan budaya lokal mereka. Media ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik dan efektif dalam pembelajaran matematika di sekolah

التنزيلات

منشور

2024-06-29

كيفية الاقتباس

Aqillah, D., & Havizul, H. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS ETNOMATEMATIKA KETUPAT TRADISIONAL DESA TANGGUL LIMBUNG. Al-’Adad: Jurnal Tadris Matematika, 3(1), 67–81. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3062

إصدار

القسم

Articles