PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS ETNOMATEMATIKA KETUPAT TRADISIONAL DESA TANGGUL LIMBUNG

Penulis

  • Dhea Aqillah IAIN Pontianak
  • Havizul Havizul IAIN Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3062

Kata Kunci:

Etnomatematika, Ketupat tradisional, Media Pembelajaran, Poster

Abstrak

Pengembangan media pembelajaran poster berbasis etnomatematika ketupat tradisional Desa Tanggul Limbung bertujuan meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika, serta menghargai dan melestarikan budaya lokal mereka. Metode yang digunakan adalah penelitian R&D, penelitian R&D bertujuan untuk menghasilkan produk baru atau memperbaiki produk yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran poster berbasis etnomatematika ketupat tradisional Desa Tanggul Limbung berhasil dikembangkan dengan baik. Poster tersebut menyajikan informasi tentang ketupat tradisional serta pola anyaman yang terkait dengan konsep matematika seperti sudut, bangun datar, hubungan garis, prisma ketupat dan diagonal. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran poster berbasis etnomatematika ketupat tradisional Desa Tanggul Limbung dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap matematika, sekaligus menghubungkan konsep matematika dengan budaya lokal mereka. Media ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber belajar yang menarik dan efektif dalam pembelajaran matematika di sekolah

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-29

Cara Mengutip

Aqillah, D., & Havizul, H. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER BERBASIS ETNOMATEMATIKA KETUPAT TRADISIONAL DESA TANGGUL LIMBUNG. Bahasa Indonesia, 3(1), 67–81. https://doi.org/10.24260/add.v3i1.3062

Terbitan

Bagian

Articles