An Analysis of the Impact of the Independent Curriculum Education Policy on the Learning Quality of SDIT Banten Islamic School Students

Authors

  • Aqila Azharrani Ibtihal UIN Sulthan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Maharani Windu Utami UIN Sulthan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Kurnia Alkafi UIN Sulthan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Abdul Mu’in UIN Sulthan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia
  • Moch Mu’izzuddin UIN Sulthan Maulana Hasanuddin Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24260/atturats.v19i2.5011

Keywords:

Education Policy, Learning Quality, Independent Curriculum

Abstract

This study aims to analyze the impact of education policies, especially the Independent Curriculum, on the quality of student learning at SDIT Banten Islamic School. The method used was qualitative research with a descriptive approach, involving interviews and observations of the principal and three educators. The results of the study show that the implementation of the Independent Curriculum provides flexibility in learning, but also faces challenges such as human resource readiness, time constraints, and changes in the evaluation system. These findings indicate that while these policies aim to improve the quality of education, their effectiveness is still hampered by a lack of training for teachers and adequate infrastructure support. The implications of this study emphasize the need for collaboration between the government, educational institutions, and the community to ensure that education policies can be implemented effectively. In addition, continuous evaluation of policies is needed to adapt to the needs and challenges faced on the ground. This research is expected to provide insight for education policy makers and practitioners in optimizing education policies to achieve better and sustainable goals.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kebijakan pendidikan, khususnya Kurikulum Merdeka, terhadap kualitas pembelajaran siswa di SDIT Banten Islamic School. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara dan observasi terhadap kepala sekolah dan tiga tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, namun juga menghadapi tantangan seperti kesiapan sumber daya manusia, keterbatasan waktu, dan perubahan sistem evaluasi. Temuan ini mengindikasikan bahwa meskipun kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, efektivitasnya masih terhambat oleh kurangnya pelatihan bagi guru dan dukungan infrastruktur yang memadai. Implikasi dari penelitian ini menekankan perlunya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan masyarakat untuk memastikan kebijakan pendidikan dapat diimplementasikan secara efektif. Selain itu, evaluasi berkelanjutan terhadap kebijakan diperlukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi di lapangan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pemangku kebijakan dan praktisi pendidikan dalam mengoptimalkan kebijakan pendidikan untuk mencapai tujuan yang lebih baik dan berkelanjutan.

References

Darma, H. (2020). Kebijakan Pendidikan Dalam Kebijakan Publik. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 34–44. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.250

Devisiana, Meisyani, L., Magay, D., & Riniwati. (2024). Peran masyarakat dalam meningkatkan mutu sarana pendidikan. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 2(2), 1–124.

Elvarisna, Sari, R., Zahara, S., Marsena, M., & Rahmi, S. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 1174–1182.

Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 6(1), 67–71. https://doi.org/10.35931/aq.v16i5.1354

Fatimatuzzahrah, Sakinah, L., & Alyasari, S. A. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah: Tantangan Membangun Kualitas Pendidikan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 2(1), 43–53. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2339

Fitra, D. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953

Hartawati, F., & Karim, M. (2024). Tantangan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 14(1), 185–190.

Hidayat, A. W., & Fasa, M. I. (2020). Islamic Education Policy on Socio Political System. At-Turats, 14(2), 103–121. https://doi.org/10.24260/at-turats.v14i2.1863

Jannah, N. W., Jannah, F., Adri, R., & Ananda, R. (2024). Konsep Kebijakan Dan Kebijakan Pendidikan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2).

Juliastuti, A. A., Fachrozi, A. D., Putri, F. E., Sari, R. I. A., & Asvio, N. (2024). Tantangan Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Tahun Pertama Di Mis Humaira Kota Bengkulu. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(01), 21–34.

Khomsinuddin, Pangeran, G. B., Tamyiz, A., Wulandari, C. E., & Firdaus, F. A. (2024). Modernitas dan Lokalitas: Membangun Pendidikan Islam Berkelanjutan. Journal of Education Research, 5(4), 4418–4428. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/1523

Mardiah, A., & Mutiani, R. (2022). “Independent Learning” Curriculum In School Education Concepts And Planning In Islamic Religious Education Perspective. At-Turats, 16(1), 77–86. https://doi.org/doi.org/10.24260/at-turats.v16i1.2248

Meilani, L., Bastulbar, B., & Pratiwi, W. D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(3), 282–287. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i3.31476

Muhardini, S., Sudarwo, S., Anam, K., Bilal, A. I., Mayasari, D., Haifaturrahmah, H., Winata, A., Haeruni, H., Husnah, A., Pratiwi, N. M. S., Nurjannah, N., Hidayanti, N., Fitri, R., Susilawati, S., Milandari, B. D., & Ibrahim, I. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran Di Gugus 5 Kota Mataram. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 839. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14580

Mukhammad, & Fatoni. (2024). Analisis Kebijakan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Ta’Limuna : Jurnal Pendidikan , 2(1), 73–81.

Nabila Joti Larasati, Sinta Bella, Havifa Nurhijatina, S. (2023). Ranah Psikomotorik Dalam Konteks Pendidikan : Teknik Dan Instrumen Asesmen Yang Efektif. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(5), 3256–3273.

Oktavia, L. S., Nurhidayati, N., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan pendidikan: kerangka, proses dan strategi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 95. https://doi.org/10.29210/3003909000

Partini, R. I., Nurti, S., & Fadriati. (2023). Analisis dan dampak kebijakan pendidikan nasional tentang desentralisasi pendidikan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 270–278. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22645

Pithriani, & Musyarapah. (2024). Peran Lembaga Pendidikan Islam dalam Memberdayakan Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing Global. Journal on Education, 07(01), 4976–4984.

Rahmawati, Junaenah, S., Alfiyyah, A. A., & Nugraha, E. (2024). Problematika Menilai Ranah Kognitif , Afektif , dan Psikomotorik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Tingkat SD. PEDADIDAKTIKA : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(4), 613–622.

Ramdani, N., Nugraheni, W., & Septiadi, F. (2023). Aspek Afektif Dalam Pembelajaran Penjas: Bagaimana Kontribusi Metode Permainan Terhadap Level Taksonomi Bloom Siswa? Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1673–1678. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5679

Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2024). Teknik Pengumpulan Data. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi Dan Politik, 3(1), 39–47.

Rumiati, R., Ayuni, R. P., Wulandari, R., Saputri, S. D., & Monica, T. (2024). Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Kurikulum Merdeka terhadap Proses Pembelajaran di SDN 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.272

Saefudin, M. T., Az-zahra, S., & Atikah, C. (2024). KEBIJAKAN PENDIDIKAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2020–2025.

Sahuri, A. M. (2021). The Influence of Teacher Teaching Skills and Literacy Culture on the Results of Learning Islamic Religious Education Students. At-Turats, 14(2), 151–163. https://doi.org/10.24260/at-turats.v14i2.1790

Sari, I. M., Dewi, F. A., Fadila, N., & Rivadah, M. (2021). Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Uu No. 20 Tahun 2003 Terhadap Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jurnal Soshum Insentif, 4(1), 98–103. https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.552

Sitorus, F. R., & Ratnawati, F. (2024). Tantangan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Belaindika :Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 6(1), 16–23. https://belaindika.nusaputra.ac.id/indexbelaindika@nusaputra.ac.id

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Supriyadi, & Amalia, A. N. (2024). Interaksi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Interaksi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (AJPKM), 4(1), 60–64.

Susanto, D., Su’aidi, & El Widdah, M. (2023). Konsep Dasar Analisis Kebijakan Pendidikan Islam. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 96–104. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i1.106

Suyana, N., Pendidikan, P. K., Global, T., & Pendidikan, S. (2024). Kebijakan Pendidikan Nasional Menghadapi Tantangan Global Sebuah Analisis Strategis dan Prioritas. Journal of Education Research, 5(1), 620–634. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/888

Tanjung, L. A., Simangunsong, A. S., Darmansah, T., & Ali, Y. (2025). Peran Kebijakan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Kebijakan, Pendidikan, 2(1), 253–260. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i1.1023

Wardani, A. R., Setiawan, F., Rifki, M., Dinulloh, N. N., Maulana, I. A., Zahro, N., Rizkilla, H. A., & Khiyaroh, N. (2022). Konsep Dasar Analisis Kebijakan Pendidikan. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(3), 88–93. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3833/2556

Wargahadibrata, R. A. H., Siregar, E., Shaliha, N. R., & Winanti, R. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pengembangan Media Digital Storytelling Dalam Implementasi Merdeka Belajar Bagi Guru Sd Di Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu Jawa Barat. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 677–686.

Yanti, S. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 11–26. https://doi.org/10.32505/lentera.v1i1.1662

Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758

Zulqaidah, Harahap, H., Tanjung, R. S., Dermawan, M., & Darmansah, T. (2024). Peran Kebijakan Kurikulum Merdeka Terhadap Kesiapan Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(December), 122–129.

Downloads

Published

2025-09-08

How to Cite

Azharrani Ibtihal, A., Windu Utami, M., Alkafi, K., Mu’in, A., & Mu’izzuddin, M. (2025). An Analysis of the Impact of the Independent Curriculum Education Policy on the Learning Quality of SDIT Banten Islamic School Students. At-Turats, 19(2), 180–193. https://doi.org/10.24260/atturats.v19i2.5011

Issue

Section

Articles