Benefits of the MBKM Student Exchange Program in Improving the Quality of Islamic Education in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Authors

  • Eska Dwipayana Pulungan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Muhamad Adian Firnas Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia
  • Haniah Hanafie Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24260/atturats.v19i2.5206

Keywords:

Islamic Teacher Education, Reflective Practice, Pedagogical Competence, Professional Identity, Teaching Practicum,

Abstract

Globalization creates both positive opportunities and significant challenges, particularly for a growing number of people in the productive age. These individuals must adapt not only to innovation but also to compete for jobs as technological advances rapidly and systematically replace human labor. Consequently, adapting to these developments is essential for both individuals and organizations to remain relevant and competitive in the evolving global landscape. In response, the government, through the Ministry of Religious Affairs and the Ministry of Education, Culture, and Higher Education, has established a student exchange program called Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). There are eight types of programs launched, one of which is the MBKM student exchange program for students to study abroad. This research will analyze the power of knowledge emphasized by Michel Foucault in exploring the benefit of MBKM. Practically, the program aims to prepare talented young people to be globally competitive, literate in technological developments, and learn about various cultures worldwide. This program has a rigorous and transparent selection process for applicants to participate in the MBKM student exchange program to select students who can truly represent Indonesia with a good understanding and sense of responsibility. Qualitative research methods were used in this study. From this method, it was found the MBKM student exchange program was successfully implemented at UIN Jakarta, indicating Islamic education quality is excellent and globally recognized, as evidenced by the successful participation of 34 students in this program. This program demonstrates the government's commitment to educating the nation's children to realize a golden Indonesia.

Globalisasi menuntut semua pihak untuk mengikuti perubahan zaman ke arah yang positif, namun penuh tantangan akibat meningkatnya jumlah anak muda dengan usia produktif yang membutuhkan pekerjaan dan harus bersaing pula dengan kemajuan teknologi yang pesat dan terstruktur yang dapat menggantikan tenaga manusia. Untuk itu sangat perlu beradaptasi dengan semua perubahan yang terjadi agar tidak terlindas oleh zaman. Dalam menghadapi hal tersebut pemerintah melalui Kementeria Agama dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Pendidkan Tinggi mengadakan pertukaran pelajar atau disebut dengan istilah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Ada delapan macam program yang dicanangkan pemerintah, salah satunya adalah MBKM pertukaran pelajar bagi mahasiwa ke kampus luar negeri. Tujuan adanya program ini untuk menyiapkan tunas bangsa yang bertalenta agar memiliki daya saing global, melek terhadap perkembangan teknologi dan belajar berbagai budaya dari seluruh negera. Program ini memiliki seleksi yang ketat dan transparan dalam seleksi penerimaannya agar dapat mengikuti program MBKM pertukaran pelajar ke luar negeri, demi terjaringnya mahasiswa yang benar benar bisa memperkenalkan Indonesia dengan pemahaman yang bagus serta bertanggung jawab. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Dari metode tersebut ditemukan bahwa, program MBKM pertukaran pelajar berhasil berjalan di lingkungan UIN Jakarta mengindikasikan bahwa mutu pendidikan islam sangat baik dan diakui secara global seiring dengan berhasilnya 34 mahasiswa mengikuti program ini. adanya program ini, terlihat pula kesungguhan pemerintah untuk mencerdaskan anak bangsa demi mewujudkan Indonesia emas.

References

Abdul Manap. (2023). Kemenag Buka Beasiswa MOSMA ke Luar Negeri, Ini Sayarat dan Daftar Kampusnya. NU Online. https://jabar.nu.or.id/nasional/kemenag-buka-beasiswa-mosma-ke-luar-negeri-ini-sayarat-dan-daftar-kampusnya-HxGOw

Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., Arsyad, A. T., No, J. S., & Selatan, K. J. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. 03, 62–70.

Ecca, S., Mustanir, A., Ahmad, J., Ramlan, P., Adri, K., Sulaiman, Z., Indonesia, P. B., Muhammadiyah, U., Rappang, S., Pemerintahan, I., Muhammadiyah, U., Rappang, S., Publik, A., Muhammadiyah, U., Rappang, S., Kesehatan, A., Muhammadiyah, U., & Rappang, S. (2022). Peran Program Pertukaran Pelajar MBKM Dalam. 6(3).

Firman. (2024). Pendaftar Terus Meningkat, Bukti IISMA Menyita Perhatian. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/pendaftar-terus-meningkat-bukti-iisma-menyita-perhatian/

Global Unair. (2024). IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards). https://global.unair.ac.id/meet-us-exhange-and-study-abroad/iisma/

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=yz8KEAAAQBAJ

Kemdikbud. (2023). Kebijakan MBKM Membawa Dampak Positif, Kampus dan Industri Berlomba-Lomba Jalankan MBKM Mandiri. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/kebijakan-mbkm-membawa-dampak-positif-kampus-dan-industri-berlombalomba-jalankan-mbkm-mandiri

Kemenag. (2023). MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA). LPDP BIB Kemenag. https://beasiswa.kemenag.go.id/bng01-mora-overseas-student-mobility-awards/

Kemendikbud. (2021). Kemendikbudristek Luncurkan IISMA, Dorong Mahasiswa S1 Belajar Ke Kampus Top Luar Negeri. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/05/kemendikbudristek-luncurkan-iisma-dorong-mahasiswa-s1-belajar-ke-kampus-top-luar-negeri

Marietha, A. R. (2024). Mahasiswa Indonesia yang Belajar di Luar Negeri Terbanyak Kedua di ASEAN. GoodStats. https://goodstats.id/article/keren-jumlah-mahasiswa-indonesia-belajar-di-luar-negeri-terbanyak-kedua-di-asean-0t504

Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm) : Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594

Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940

Muhtadi. (2023). MBKM untuk Mahasiswa Kreatif dan Inovatif. UIN Jakartakarta. https://uinjkt.ac.id/index.php/id/mbkm-untuk-mahasiswa-kreatif-dan-inovatif

Mulyanto, T. N. H. P., Hendriani, W., & Ardi, R. (n.d.). Adaptasi Akademik pada Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ( PMM ). 5(2), 2353–2361.

Noe, A. (2022). 175 Mahasiswa UGM Ikuti Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Universitas Gadjah Mada. https://ugm.ac.id/id/berita/22862-175-mahasiswa-ugm-ikuti-indonesian-international-student-mobility-awards-iisma-2022/

Rahman, A., & Nelson. (2025). Sejarah Pemikiran Pendidikan Islam dalam Lintasan Sejarah. CV. Green Publisher Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=am5jEQAAQBAJ

Setiawan, A., Suryani, A., & Kurniawati, D. (2023). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Mendorong Pembaruan Pendidikan Tinggi di Indonesia. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia, 2(5), 905–913. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3174

Shabrina, F. A. (2023). Begini Ketentuan Kuliah Luar Negeri Melalui Program IISMA. UNESA. https://www.unesa.ac.id/begini-ketentuan-kuliah-luar-negeri-melalui-program-iisma

Sherly. (2024). Lagi, UI Jadi Perguruan Tinggi dengan Jumlah Peserta IISMA Terbanyak. Universitas Indonesia. https://www.ui.ac.id/lagi-ui-jadi-perguruan-tinggi-dengan-jumlah-peserta-iisma-terbanyak/

Syaifuddin, M., & Annur, A. F. (2025). Kurikulum Berbasis MBKM dan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Islam. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=6SNkEQAAQBAJ

UIN Jakarta. (2023). Berbekal Beasiswa MOSMA, Puluhan Mahasiswa UIN Jakarta Siap Nikmati Belajar di Kampus Luar Negeri. UIN Jakarta. https://uinjkt.ac.id/id/berbekal-beasiswa-mosma-puluhan-mahasiswa-uin-jakarta-siap-nikmati-belajar-di-kampus-luar-negeri

Wijaya, C. (2024). Moderasi Beragama: Konsep, Strategi dan Implikasinya dalam Pendidikan Agama Islam. umsu press. https://books.google.co.id/books?id=yn41EQAAQBAJ

Downloads

Published

2025-11-20

How to Cite

Pulungan, E. D., Firnas, M. A., & Hanafie, H. (2025). Benefits of the MBKM Student Exchange Program in Improving the Quality of Islamic Education in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. At-Turats, 19(2), 247–256. https://doi.org/10.24260/atturats.v19i2.5206

Issue

Section

Articles