ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.24260/add.v3i1.2857Kata Kunci:
kemampuan pemecahan masalah, geometriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan soal cerita pada materi Geometri berdasarkan indikator yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Siswa kelas VII Madrasah Al-Mubarak Miftahul Ulum putri sebagai subjek penelitian yang berjumlah 33 siswa. Teknik dalam pengolahan data mengunakan statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik pengukuran berupa tes essay. Berdasarkan hasil dan pembahasan menyatakan hanya 40% siswa dapat menuliskan apa yang diketahui, 25% siswa dapat menuliskan apa yang ditanyakan, 0,40% siswa dapat menentukan rumus dan memasukan nilai dan 0% siswa tidak dapat menghitung dan membuat solusi pada soal cerita. Hal ini mengidentifikasikan bahwa siswa kelas VII Madrasah Al-Mubarak Miftahul Ulum kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi geometri.